Legislator Provinsi Jemput Aspirasi ke Dharmasraya

id #DPRD reses #aspirasi Dharmasraya

Legislator Provinsi Jemput Aspirasi ke Dharmasraya

Anggota DPRD Provinsi Sumbar Marlis jemput aspirasi ke daerah pemilihan. (cc)

Pulau Punjung (antarasumbar) Legislator Provinsi Sumatera Barat daerah pemilihan Dharmasraya menjemput aspirasi masyarakat sehingga dapat memperjuangkan anggaran bagi Kabupaten Dharmasraya yang bersumber dari APBD provinsi.

Aspirasi itu disampaikan masyarakat dalam petemuan dengan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Marlis yang melakukan reses ke Kabupaten Dharmasraya, tepatnya ke Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung.

Reses ini dikemas dalam bentuk pertemuan dan temu ramah dengan masyarakat setempat, yang dilaksanakan di Aula Kantor Nagari Sikabau pada 9 Februari 2017, tampak hadir Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal Dt Rajo Medan.

Wali Nagari Sikabau Abdul Razak mengucapkan terima kasih anggota DPRD Provinsi Sumbar dan juga kepada Wakil Bupati Dharmasraya yang telah berkenan hadir dan duduk bersama masyarakat dalam kesempatan temu ramah tersebut.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, silaturrahim antara kita menjadi lebih kuat dan masyarakat merasa lebih dekat dengan pemerintah dan juga anggota DPRD Sumbar," ujarnya.

Selain itu, ia berharap dengan adanya pertemuan ini dapat membawa angin segar bagi masyarakat, berkaitan dengan aspirasi-aspirasi pembangunan di Nagari Sikabau yang mungkin dapat diperjuangkan nantinya di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal Dt Rajo Medan menyampaikan dengan kedatangan anggota DPRD Provinsi Sumbar ke Nagari Sikabau ini dapat menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan harapan-harapan pembangunan untuk diperjuangkan di tingkat provinsi.

"Kami menyadari, kemampuan APBD Dharmasraya saat ini masih terbatas untuk mengcaver semua harapan pembangunan yang diusulkan masyarakat. Maka melalui momen ini kami mengharapkan, Bapak Marlis sebagai salah satu wakil rakyat Dharmasraya di Sumbar kiranya juga dapat memperjuangkan harapan pembangunan di Nagari Sikabau ini melalui APBD Provinsi Sumatera Barat," katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Marlis menyampaikan bahwa selain silaturrahim, maksud kunjungan resesnya ke Nagari Sikabau memang untuk menyemput informasi pembangunan yang mungkin bisa dikail oleh nagari melalui APBD Provinsi.

Kemudian juga menyampaikan informasi-informasi lain yang diperlukan untuk kemajuan Nagari Sikabau kedepannya.

Marlis mengatakan, hasrat dan keinginan masyarakat untuk membangun nagari menjadi lebih baik tidak akan terdukung hanya dengan APBD Kabupaten saja. Terlebih, APBD juga banyak terserap untuk belanja pegawai.

"Ini memang di mana-mana terjadi, tidak hanya di daerah kita saja. Dan itu memang tidak bisa dihindari, karena begitulah struktur pemerintahan,"ujarnya.

Kendati demikian, ada cukup banyak peluang sumber pendanaan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membangun nagari, yang selama ini mungkin tidak dilihat secara objektif oleh masyarakat.

Seperti di antaranya adalah dana nagari, APBD Provinsi, dana pokok pikiran anggota DPRD, APBN serta dana dari perantau. "Tinggal lagi, bagaimana kepiawaian kita untuk menggaet sumber-sumber dana lain ini," katanya.(hms/ant)