Legislator Tanah Datar Minta Nagari Dirikan BUMNag

id musrenbang gurun

Legislator Tanah Datar Minta Nagari Dirikan BUMNag

Anggota DPRD Tanah Datar Dedi Admond menyampaikan pokok-pokok pikiran dalam Musrenbang di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Selasa (14/2). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Legislator Tanah Datar meminta pemerintahan nagari (desa adat) dapat mendirikan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) dalam upaya menggerakan perekonomian masyarakat.

"Dengan dibentuknya BUMNag ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di nagari," kata anggota DPRD Tanah Datar Dekminil pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Selasa.

Ia mengatakan BUMNag merupakan pondasi dalam penguatan pembangunan sosial ekonomi di tingkat daerah hingga nasional.

"BUMNag juga dapat dijadikan sebagai kekuatan nagari dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki," katanya.

Di sisi lain, ia mengharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam membuat rencana pembangunan nagari ke depannya.

Ia menyebutkan seluruh pembangunan dan kegiatan dalam anggaran pembangunan dan belanja (APB) nagari yang menggunakan APBD kabupaten, provinsi, atau pun pusat, harus berdasarkan hasil Musrenbang.

"Jadi, tidak ada lagi istilah pembangunan yang naik di jalan, seperti yang selama ini masih dilakukan oleh beberapa nagari," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Kewilayahan Baperlitbang Tanah Datar, Irwan mengatakan proses Musrenbang di nagari merupakan kegiatan penting dalam menyusun perencanaan strategis daerah dengan menetapkan skala prioritas pembangunan dimulai dari pemerintahan terendah di nagari.

"Hasil musrenbang nagari ini kemudian menjadi acuan dasar dalam menyusun rencana pembangunan Pemkab Tanah Datar ke depan," katanya.

Ia menjelaskan isu strategis yang perlu dibahas dalam Musrenbang nagari seperti program penguatan pelaksanaan "adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah", peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan masyarakat, serta menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Penjabat Wali Nagari Gurun, Afriwal mengharapkan melalui Musrenbang nagari ini dapat mewujudkan perencanaan pembangunan berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan yang mendesak untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebutkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan Musrenbang dalam bentuk sumbang saran merupakan wujud keikutsertaan warga dalam membangun nagari.

Ikut hadir pada Musrenbang Nagari Gurun itu, Anggota DPRD Nurhamdi Zahari dan Dedi Admond, Sekretaris Camat Reni Susanti, wali nagari, dan tokoh masyarakat setempat. (*)