Bupati: Duta Genre Ujung Tombak Sosialisasi KB

id Ali Mukhni

Bupati: Duta Genre Ujung Tombak Sosialisasi KB

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni. (Antara)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Bupati Padangpariaman, Sumatera Barat, Ali Mukhni mengharapkan kepada 30 peserta grand final pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2017 di kabupaten itu dapat menjadi ujung tombak sosialisasi program keluarga berencana (KB) ke masyarakat.

"Tugas Duta GenRe adalah untuk menyosialisasikan program KB, namun jika tidak terpilih pun hendaknya tetap melaksanakan di lingkungannya," kata Ali Mukhni pada pembukaan Grand Final Pemilihan Duta GenRe 2017 tingkat Kabupten Padangpariaman di Parit Malintang, Selasa.

Ia menyebutkan dengan seluruh peserta grand final terlibat menyosialisasikan program KB di lingkungannya, maka sosialisasi program ini akan lebih luas, sekaligus membantu tugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di daerah itu.

Program KB yaitu dua anak cukup, jika diikuti oleh masyarakat akan mendapatkan manfaat seperti kesejahteraan, karena orang tua tidak terlalu terbebani masalah keuangan, sehingga dapat membiayai pendidikan anaknya sampai ke perguruan tinggi.

Para peserta grand final pemilihan duta GenRe ini telah dibekali dengan pengetahuan itu agar ketika mereka kembali ke lingkungan masing-masing dapat menjelaskannya.

"Dengan begitu upaya pemerintah menekan angka pertumbuhan penduduk berhasil," ujarnya.

Ia menyampaikan pertumbuhan penduduk di Padangpariaman pada 2016 mencapai 0,62 persen, dan ditargetkan pada tahun ini turun menjadi 0,5 persen, oleh karena itu diperlukan upaya untuk menekan angka tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Padangpariaman, Yutiardi Rivai menyebutkan peserta grand final pemilihan duta GenRe 2017 berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 pasang putra dan putri.

Peserta dari usia 17 sampai 22 tahun dimana pemilihan tersebut telah melalui beberapa tahapan, mulai dari tahapan seleksi, pembekalan sampai pada pemilihan Duta GenRe.

Para pemenang grand final yaitu Duta GenRe Putra diraih Raichel Vega Fitra Delmi dari SMAN 1 Enam Lingkung, sedangkan Duta GenRe Putri diraih oleh Vira Agustin dari SMAN 2 Ulakan Tapakis.

Lalu Duta Favorit Putra jatuh kepada Jamal Darmawan Tanjung dari SMAN 1 Ulakan Tapakis, sedangkan Duta Favorit Putri jatuh pada Zelfi Kurnia dari SMAN 1 2x11 Enam Lingkung.

Selanjutnya untuk Duta Persahabatan diraih Tania Aprilia dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yayasan Dhama Bakti Lubuk Alung, dan Duta Fotogenik diraih oleh Debby Noviana Rifani. (*)