Minggu, 19 Februari 2017 - 23 Jumadil Awwal 1438 H

Cawako Suwandel Menduga Ada Penggelembungan Suara

Peserta Pilkada Payakumbuh. (ANTARA SUMBAR)
Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Calon Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) Suwandel Muchtar menduga ada penggelembungan suara hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017 di wilayah tersebut.

"Melihat pihak sebelah kemarin sudah bereuforia, tapi kami menyakini pertandingan ini belum selesai," katanya di Posko Pemenangan pasangan Suwandel-Fitrial di Kawasan Labuah Silang, Payakumbuh, Kamis.

Ia menerangkan sejak sore kemarin sekitar pukul 16.00 WIB sudah mengetahui hasil perolehan suara sementara dari pemilihan wali kota dan wakil wali kota tersebut.

Menanggapi hal itu, tim dari pasangan nomor urut tiga bersama enam partai politik turun menelusuri ke lapangan. Ternyata di lapangan banyak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, intinya diduga ada penggelembungan suara dan sebagainya.

Suwandel mengimbau semua masyarakat, relawan, dan tim sukses untuk tetap tenang menyikapi perolehan suara hasil pilkada tersebut.

Berdasarkan scan C1 pada website https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/sumatera_barat/kota_payakumbuh hingga Kamis pagi pasangan Riza-Erwin unggul dibanding dua kompetitornya.

Dari data tersebut, pasangan Riza Erwin meraih 24.724 suara atau 44.07 persen dari rekap c1 yang masuk ke KPU Payakumbuh.Kemudian pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri mendapatkan 20.852 suara atau 37,17 persen. Sedangkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi hanya mengantongi 10.527 suara atau 18.76 persen.

Calon Wakil Wali Kota Payakumbuh Ennaidi legowo atau menerima perolehan suara pada pilkada di kota itu.

"Usai sudah, apapun hasilnya diterima dengan lapang dada, tidak perlu saling menyalahkan agar tidak rusak silaturrahim. Selamat untuk wali kota dan wakil wali kota terpilih untuk Payakumbuh lebih baik. Terima kasih banyak kami ucapkan pada top dan relawan atas kerja samanya serta warga yang telah memilih kami," kata dia melalui media sosial facebook miliknya pada Kamis pagi.

Hal yang sama juga diakui oleh calon wali kota pasangan Ennaidi, Wendra Yanaldi. Melalui akun faceboknya ia mengucapkan selamat kepada pemimpin kota yang terpilih.

"Selamat kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh terpilih. Terima kasih pada semua tim relawan yang sampai saat akhir masih bersama kami," kata dia melalui dinding media sosial facebooknya.

"Takdir Allah SWT sudah ada, dan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memilih kami," kata mantan calon DPD itu.

Pilkada Payakumbuh diikuti oleh tiga pasangan calon, mereka adalah Wendra Yunaldi-Ennaidi (jalur perseorangan), Riza Falepi-Erwin Yunaz serta Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri (dari jalur partai politik). (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi dan Joko Nugroho
Berkembangnya pola hidup sehat di masyarakat dengan mengonsumsi makanan yang sehat membuat sekelompok petani di Kabupaten Solok ...
Baca Juga