Darizal Basir: Empat Pilar Kebangsaan Ampuh Cegah Konflik

id Darizal Basir

Darizal Basir: Empat Pilar Kebangsaan Ampuh Cegah Konflik

Darizal Basir.

Painan (Antara Sumbar) - Anggota DPR RI Darizal Basir menyebutkan empat pilar kebangsaan merupakan senjata ampuh dalam upaya mencegah konflik yang sedang ataupun yang berpotensi akan terjadi.

Ia ketika menyosialisasikan empat pilar tersebut di aula Balai Benih Ikan (BBI) Bungus Teluk Kabung, Kota Padang beberapa waktu lalu, menyebutkan, nilai yang terkandung pada empat pilar tersebut harus ditumbuhkan guna mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

"Rakyat harus menanamkan bahwa Pancasila adalah dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia," kata mantan Bupati Pesisir Selatan tersebut.

Ia mengatakan sebagai dasar negara, Pancasila menjunjung kebersamaan musyawarah dan mufakat sebagai upaya meminimalkan terjadinya gesekan dan konflik.

Menurutnya jika secara keseluruhan empat pilar tersebut ditanamkan dan dipahami dengan baik maka rakyat Indonesia akan kuat menghadapi berbagai persoalan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pendiri negara berjuang keras melahirkan pilar tersebut dan diwariskan kepada kita dalam menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Ia menambahkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar juga mampu mendorong tercapainya cita-cita bangsa dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat.

"Sebagai bentuk terimakasih kepada pendiri bangsa mari kita pahami dan diwujudkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari," katanya lagi. (*)