Minggu, 30 April 2017 - 4 Sya'ban 1438 H

Wabup Dharmasraya: Libatkan Masyarakat di Setiap Pembangunan

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati (Wabup) Dharmasraya, Sumatera Barat, Amrizal meminta masyarakat selalu dilibatkan dalam melaksanakan program pembangunan sebagai upaya mengedukasi dan menumbuhkan rasa memiliki.

"Ke depan banyak program pembangunan yang bisa melibatkan masyarakat," katanya saat menghadiri kegiatan Gotong Royong bersama warga Nagari (Desa Adat) Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Jumat.

Ia menjelaskan ada sejumlah program pembangunan di daerah itu yang dapat melibatkan masyarakat langsung, di antaranya pengembangan wisata, budidaya, dan ekonomi kreatif.

Ia menerangkan membangun daerah bersama masyarakat hasilnya akan lebih bagus dan terasa karena apa yang dibangun sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Saya rasa itu program strategis dengan melibatkan masyarakat untuk pemberdayaan dan menggerakkan roda perekonomian warga," ujarnya.

Di samping itu, ia meminta masyarakat ikut aktif memantau program pemerintah daerah, khususnya realisasi kegiatan fisik maupun program bantuan langsung.

Hal itu penting agar ketika ada kegiatan yang terindikasi menyimpang maupun tidak sesuai perencanaan dapat langsung diingatkan, ujarnya.

"Masyarakat berhak menjadi 'polisi' terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintah, baik bersumber dari APBD maupun APBN," katanya.

Ia menyebutkan pemerintah setempat dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus membangkitkan budaya gotong royong sebagai warisan moyang yang sudah mulai terlupakan.

"Indonesia maju karena dibangun dengan semangat gotong royong. Dan budaya gotong royong merupakan salah satu ciri masyarakat Minang, untuk itu jangan sampai melupakan hal tersebut," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Mario Sofia Nasution
          Padang, 25/4 (Antara) - Keputusan Tim Semen Padang FC mengontrak pemain bintang dunia atau ...
Baca Juga