Panti Sosial Batusangkar Perlu Perhatian Pemerintah

id Panti

Panti Sosial Batusangkar Perlu Perhatian Pemerintah

Istano Basa. (ANTARASUMBAR) ( )

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komisi III DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Afrizal meminta pemerintah provinsi agar memperhatikan kebutuhan Panti Sosial seperti yang ada di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar yang dinilai kondisinya memprihantinkan.

"Beberapa waktu lalu kami meninjau salah satu aset daerah tersebut, yakni PTSW Kasih Sayang Ibu di Batu sangkar, dan dari tinjauan tersebut ada beberapa bangunan yang perlu diperbaiki," kata dia di Padang, sabtu.

Dari tinjauan tersebut, katanya pihaknya menilai kondisi fisik bangunan yang perlu direhab serta penambahan fasilitas bagi penghuni panti tersebut setidaknya membutuhkan anggaran sebanyak Rp1 Miliar.

Penambahan fasilitas itu katanya seperti pegangan tangan di dinding untuk membantu penghuni panti lanjut usia (lansia) berjalan dan penambahan tempat tidur, kata dia.

Untuk itu ia mendorong pemerintah provinsi melalui dinas sosial untuk terus memperhatikan kebutuhan PTSW Kasih Sayang Ibu tersebut agar hak-hak lansia dapat terpenuhi.

"Kami juga berharap pemerintah provinsi dapat menambah anggarannya pada masa mendatang," katanya.

Anggaran juga perlu ditingkatkan, ujar dia agar para lansia yang menghuni panti jompo tersebut bisa menikmati kehidupan masa tuanya secara wajar dan berguna.

Kemudian untuk kebutuhan anggaran rehab tersebut, pihaknya akan membicarakan dengan Badan Anggaran DPRD Sumbar supaya bisa dimasukkan di dalam APBD selanjutnya.

PTSW Kasih Sayang Ibu di Batusangkar merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas di lingkungan Dinas Sosial Sumbar yang mempunyai tugas memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada lanjut usia terlantar didalam panti berupa pelayanan dan perawatan, baik jasmani maupun rohani agar para lanjut usia dapat hidup secara wajar. (*)