Disdik Sumbar : Pengawasan Siswa Jelang Ujian Nasional Harus Maksimal

id Ujian nasional

Disdik Sumbar : Pengawasan Siswa Jelang Ujian Nasional Harus Maksimal

Ujian nasional. (Antara) ( )

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau masyarakat khususnya orang tua siswa kelas tingkat akhir untuk memaksimalkan pengawasan sebelum melaksanakan Ujian Nasional (UN) 2017.

Kepala Disdik Sumbar, Burhasman Bur di Padang, Minggu mengatakan hal itu bertujuan agar sebelum dan ketika pelaksanaan UN siswa dapat menjaga diri dari hal-hal yang akan mengganggu selama pelaksanaan ujian.

"Misalnya melakukan kenakalan sampai berurusan dengan pihak yang berwajib, kemudian berkendara secara ugal-ugalan hingga menyebabkan kecelakaan," kata dia.

Sehingga, jika hal tersebut terjadi, maka akan mengakibatkan anak tidak dapat menjalankan ujian dengan baik, bahkan hingga tidak dapat mengikutinya.

"Dengan demikian, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam rangka menjaga keselamatan anaknya, agar dapat mengikuti UN dengan maksimal tanpa gangguan apapun," ujarnya.

Selain itu, kepada pihak sekolah ia mengharapkan dapat mempersiapkan dengan sebaik-baiknya segala sesuatu yang berkaitan dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Pihak sekolah persiapkan dengan sebaik-baiknya dan antisipasi hal-hal yang memungkinkan adanya gangguan," katanya.

Gangguan tersebut misalnya ketika pelaksanaan UNBK ketergantungan akan listrik, sehingga jika terjadi pemadaman listrik maka akan mengganggu pelaksanaan UNBK.

Oleh karena itu, kata dia pihak sekolah dapat menyediakan genset jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian, jika memang dibutuhkan disaat pelaksanaan ujian.

Pelaksanaan UN untuk tingkat SMK akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017 dan SMA pada tanggal 10 hingga 13 April 2017.

Sedangkan, untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkap Pertama (SLTP), gelombang pertama pada 2, 3, 4 dan 15 Mei, sementara gelombang dua 8, 9, 10 dan 16 Mei 2017. (*)