FKH Pariaman Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Wisata

id wisata, pariaman, lingkungan

FKH Pariaman Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Wisata

Kawasan Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumbar. (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak masyarakat setempat serta para wisatawan yang berkunjung ke daerah itu untuk lebih peduli terhadap lingkungan wisata.

"Walaupun Pariaman memiliki 300 tenaga kebersihan, masyarakat dan wisatawan juga harus menyadari pentingnya menjaga kebersihan kawasan wisata," kata Ketua FKH Kota Pariaman, Junaidi di Pariaman, Senin.

Ia mengemukakan permasalahan sampah di daerah itu, termasuk kawasan wisata, akan tetap ada selama masyarakat belum serius dan tidak peduli terhadap lingkungan.

Secara umum, ujarnya komunitas itu telah memiliki komitmen sejak 2013 untuk memelihara lingkungan dan kebersihan di kawasan wisata dengan mengadakan berbagai kegiatan bertema lingkungan.

Kegiatan bertema lingkungan yang diselenggarakan tersebut di antaranya pemilihan Duta Kota Hijau, Green Festival, Aksi Kota Hijau, workshop, lomba daur ulang sampah dan sebagainya.

"Kami juga sudah melakukan aksi bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Gandoriah dan Pulau Angso Duo. Untuk kawasan wisata lain juga akan dicanangkan pelaksanaannya," katanya.

Ia menjelaskan FKH Pariaman akan terus melaksanakan aksi bersih-bersih di kawasan wisata sebagai salah satu langkah edukasi bagi masyarakat setempat dan wisatawan yang berkunjung untuk membiasakan diri menjaga lingkungan.

"Termasuk dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman menyambut baik kegiatan-kegiatan bertema lingkungan yang dilaksanakan secara berkala oleh FKH dan komunitas-komunitas lainnya.

Ia menilai adanya komunitas peduli lingkungan di daerah itu sangat dibutuhkan sebab berdampak baik dalam mengedukasi masyarakat dan wisatawan untuk sadar wisata.

"Ini juga untuk dapat meningkatkan kunjungan ke Pariaman ke depannya," katanya.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan yang ada di kota agar ikut serta terus menjaga kebersihan lingkungan. (*)