Pariaman Berikan Pelatihan Pelaku Jasa Pariwisata

id Pariaman, Jasa, Wisata

Pariaman Berikan Pelatihan Pelaku Jasa Pariwisata

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, memberikan pelatihan pelaku jasa pariwisata untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan wisata di daerah itu.

"Pelatihan yang diberikan keterampilan, kecakapaqn, dan pembinaan sumber daya manusia sebagai pelaku jasa pariwisata," kata Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan pelatihan pelaku pariwisata tersebut perlu dilakukan untuk mendukung kemajuan daerah dalam mewujudkan destinasi wisata halal.

Sebagai daerah yang menggantungkan perekonomian di sektor pariwisata, para pelaku wisata diharapkan memiliki SDM yang berkualitas.

"Kota Pariaman tidak memiliki titik tambang atau perkebunan kelapa sawit seperti daerah lain, namun kita mempunyai kekayaan laut dan pulau yang dapat dimanfaatkan sebagai mata pencarian serta peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Selain itu, katanya, keberadaan Kota Pariaman sangat strategis sebagai kota perlintasan beberapa daerah di Sumbar yang didukung transportasi kereta api dari Kota Padang menuju "Kota Tabuik" itu.

"Keberadaan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga memiliki nilai jual pariwisata dan membantu menghidupkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Destinasi dan Daya Tarik Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Saldin, mengatakan pelatihan diikuti 50 pelaku wisata yang terdiri dari pengelola rumah makan dan pemilik hotel.

Ia mengimbau para pelaku usaha di daerah itu agar bisa memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang datang berkunjung.

"Sebagai contoh tarif harga makanan jangan sampai membuat pengunjung merasa ditipu, karena hal itu berdampak buruk bagi pariwisata daerah," ujarnya. (*)