Padang-Toyohashi Jepang Kerja Sama Air Bersih

id Mahyeldi Ansharullah

Padang-Toyohashi Jepang Kerja Sama Air Bersih

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Toyohashi Jepang guna penjajakan kerja sama di bidang air bersih serta beberapa bidang lainnya.

Mahyeldi Ansharullah di Padang, Kamis mengatakan pertemuan ini dilakukan sebagai penjajakan awal dan setelah ini akan dilakukan perbincangan lebih lanjut.

"Setelah ini akan ada diskusi lebih lanjut dengan pihak pemerintah Kota Toyohashi, dan sebelumnya juga sudah ada komunikasi antara PDAM Kota Padang dengan PDAM Toyohashi," katanya.

Ia menambahkan sebelumnya Toyohashi sudah mulai melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Solok terkait air bersih, dan selanjutnya kita juga mengupayakan hal tersebut untuk Kota Padang.

"Dari pembicaraan ini nantinya jika ada kecocokan kita mengharapkan Toyohashi bisa membantu dalam peningkatan kualitas dan pembenahan serta penyediaan air minum di Kota Padang," katanya.

Ia mengatakan kondisi Kota Toyohashi mempunyai banyak kemiripan dengan Kota Padang, selain itu pertanian disana juga maju dan ini juga menjadi salah satu bidang yang bisa diupayakan untuk kerja sama.

"Selain air bersih kita juga mengupayakan kerja sama dengan beberapa bidang lainnya, seperti pertanian dan industri," katanya.

Sementara itu Wali Kota Toyohashi Jepang, Koichi Sahara mengatakan hasil pertemuan ini akan dibawa ke Jepang untuk dipelajari lebih lanjut.

Ia menambahkan kondisi PDAM di Kota sudah lebih baik dari pada beberapa daerah lainnya, akan tetapi pihaknya akan tetap mengkaji hal ini.

"Untuk langkah awal barangkali kami akan membantu membenahi management dan sumber data terlebih dahulu, setelah itu baru dilanjutkan dengan yang lain," katanya. (*)