LKKS Sumbar Serahkan Bantuan Jamban dan Modal Usaha di Pasaman Barat

id Modal usaha

LKKS Sumbar Serahkan Bantuan Jamban dan Modal Usaha di Pasaman Barat

Ilustrasi Modal Usaha. (Antara)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumatera Barat (Sumbar), Nevi Irwan Prayitno menyerahkan bantuan 100 jamban sehat dan bantuan modal usaha kepada keluarga kurang mampu di Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (23/2).

Bantuan diberikan atas kerjasama LKKS Sumbar dengan Baznas Sumbar, PT. Semen Padang, Yayasan Damandiri Jakarta, LKKS Pasaman Barat dan Baznas Pasaman Barat.

Ketua LKKS Sumbar, Nevi Irwan Prayitno mengatakan penyerahan bantuan jamban sehat dan modal usaha dilakukan dalam rangka mendukung program peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat serta peningkatan kesejahteraan.

"Penerima bantuan jamban sehat harus secara swadaya ikut membantu pembangunan jamban di rumahnya masing-masing. Kepada penerima bantuan modal usaha, saya harap agar benar-benar menggunakan bantuan yang diterima untuk meningkatkan usaha yang sudah ada," katanya.

Ia menyebutkan penyerahan bantuan juga untuk memberikan motivasi dan kampanye zakat kepada keluarga mampu yang wajib zakat agar dapat membayarkan zakat kepada kepada Baznas setempat.

"Kita perlu terus berinisiatif mengembangkan program pengentasan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat dan kepedulian sosial," kata dia.

Penerima bantuan tersebut adalah125 keluarga kurang mampu yang berasal dari tiga kecamatan di Pasaman Barat yakni Kecamatan Sungai Aur, Kecamatam Parit Koto Balingka dan Kecamatan Ranah Batahan.

100 jamban sehat dan bantuan modal usaha diserahkan langsung di halaman Kantor Camat Koto Balingka, Kamis (23/2).

Sementara itu Ketua LKKS Pasaman Barat, Yun Syahiran menekankan bahwa permasalahan sosial di Pasaman Barat memang perlu penanganan yang komprehensif untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

"LKKS Pasaman Barat akan terus membangun sinergitas dengan LKKS Sumbar dan lembaga-lembaga sosial terkait dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial dan meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan penyerahan bantuan yang dilakukan LKKS Sumbar di Pasaman Barat adalah yang kelima kalinya sepanjang tahun 2016-2017.

"Terima kasih kepada ketua LKKS Sumbar dan Baznas Sumbar beserta lembaga-lembaga yang ikut serta membantu. Semoga bantuan yang diberikan dapat menjadikan masyarakat Pasaman Barat lebih sadar tentang perilaku hidup sehat dan mampu mencapai kemandirian ekonomi," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua IV Baznas Sumbar, Sobhan, Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri, Ketua GOW Pasaman Barat, Sifrowati Yulianto, Ketua DWP Pasaman Barat, Harnina Manus Handri, sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Camat, Wali Nagari dan tokoh masyarakat kecamatan Koto Balingka. (*)