871 Siswa Tanah Datar Ikuti Aksioma dan KSM

id Aksioma dan KSM

Batusangkar, (Antara Sumbar) Sebanyak 871 siswa di Kabupaten Tanah Datar mengikuti seleksi Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang digelar di MAN 2 Batusangkar dan MTsN Batusangkar.

Pemerintah daerah mengapresiasi jajaran Kantor Kementerian Agama Tanah Datar yang telah menyelenggarakan kegiatan Aksioma dan KSM ini, mudah-mudahan dapat mengangkat nama daerah ke tingkat provinsi, kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma saat membuka dua kompetisi itu di Batusangkar, Kamis.

Ia menyampaikan dalam kegiatan Aksioma dan KSM yang digelar sekali dua tahun itu prestasi Tanah Datar memang masih diperhitungkan di tingkat Provinsi Sumbar.

Buktinya Tanah Datar mampu menjadi Juara Umum pada tahun 2012 dan 2014. Sedangkan pada 2016, mampu meraih peringkat dua Sumbar, katanya.

Ia menyebutkan menurunnya peringkat itu diminta jajaran Kemenag Tanah Datar untuk mengevaluasi, sementara sumber daya manusianya masih banyak yang bagus dan teruji.

Ia meminta para peserta Aksioma dan KSM untuk dapat berjuang semaksimal mungkin sehingga mampu menjadi yang terbaik dan mewakili Tanah Datar diajang provinsi dan nasional.

Peserta diminta untuk selalu menjaga kesehatan, mengatur menu makanan, disiplin, mematuhi aturan yang ada dan berdoa kepada Allah SWT sehingga semua kegiatan berjalan dengan lancar, katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Syamsul Arifin mengatakan bagi para siswa madrasah yang berprestasi dalam seleksi Aksioma dan KSM ini akan mewakili Tanah Datar ke tingkat provinsi.

Tanah Datar mempunyai banyak sumber daya manusia dalam berbagai cabang yang dilombakan dalam kegiatan Aksioma dan KSM ini, katanya.

Kepala MAN 2 Batusangkar Agustamam menjelaskan cabang yang diseleksi dalam Aksioma adalah Madrasah Singer tingkat MA, Pidato Bahasa Inggeris tingkat MA, Pidato Bahasa Arab tingkat MTs, Pidato Bahasa Indonesia tingkat MI, Futsal tingkat MA, Tahfizh tingkat MTs, MTQ tingkat MI, MTs dan MA, Khaligrafi tingkat MTs dan MA, Bulutangkis tingkat MTs dan MA serta Tenis Meja tingkat MTs dan MA dengan jumlah peserta sebanyak 576 siswa.

Sementara, cabang KSM terdiri dari bidang studi Kimia, Fisika, Matematika, Geografi, Biologi dan Ekonomi untuk tingkat MA. Untuk tingkat MTs bidang studi Fisika, Matematika dan Biologi. Sedangkan untuk tingkat MI bidang studi Matematika dan IPA dengan jumlah peserta 295 siswa. (*)