Komunitas Tanah Ombak Padang Luncurkan Vespa Pustaka

id Yusrizal KW

Komunitas Tanah Ombak Padang Luncurkan Vespa Pustaka

Yusrizal KW. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Komunitas Tanah Ombak Padang, Sumatera Barat, meluncurkan program pustaka bergerak dengan nama Vespa Pustaka di kawasan Purus yang nantinya akan berkeliling menemui para pembaca.

Pemimpin sekaligus pembina Tanah Ombak, Yusrizal KW di Padang, Kamis malam (23/2) mengatakan program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Keunikan dari Vespa Pustaka ini adalah perpustakaan bergerak yang mencari para pembaca dengan menggunakan vespa," katanya.

Ia megatakan dengan adanya Vespa Pustaka ini diharapkan dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk membaca, sebab ia akan berkeliling ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, terutama anak-anak.

Vespa Pustaka akan mulai bergerak pada hari Minggu depan (26/2) dan untuk pertama kali ini akan ada di Pantai Padang.

Dalam perencanaan Vespa Pustaka ini akan jalan pada hari Sabtu-Minggu, hal ini tergantung pada relawan yang akan menjalankannya.

"Nantinya juga akan menyusul sepeda pustaka dan juga book ransel dengan membawa segala jenis buku dengan target pembaca anak-anak dan remaja," kata dia.

Ia menambahkan dalam menjalankan Vespa Pustaka ini selanjutnya akan digunakan tag line 'Kutemui Kamu Sampai Membaca', sebab sejatinya memang vespa ini yang akan mencari para pembaca, bukan pembaca yang mencari perpustakaan.

Sementara itu Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab mengatakan selain di Sumbar, di wilayah lain juga ada beberapa program pustaka bergerak guna menjangkau daerah-daerah pelosok.

"Di Papua ada Noken Pustaka, di Poliwali Mandar ada Perahu Pustaka yang digagas Ridwan, Nirwan Arsuka dengan pustaka bergeraknya serta yang baru diluncurkan ini, Vespa Pustaka, semoga ke depannya bisa membangkitkan minat baca masyarakat," katanya. (*)