Najwa Shihab Apresiasi Tanah Ombak Masyarakatkan Literasi

id Najwa Shihab

Najwa Shihab Apresiasi Tanah Ombak Masyarakatkan Literasi

Najwa Shihab. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Duta Baca Indonesia Najwa Shihab mengapresiasi Komunitas Tanah Ombak Padang, Sumatera Barat dalam memasyarakatkan literasi dengan cara meluncurkan Vespa Pustaka.

"Saya terharu melihat anak-anak Tanah Ombak, tidak disangka dari tempat yang kecil ini ada anak-anak yang berbicara tentang karya Leo Tolstoy, Hamka dan penulis lainnya," katanya dalam acara peluncuran Vespa Pustaka di Padang, Kamis malam (23/2).

Ia mengatakan melihat upaya untuk memasyarakatkan literasi oleh Tanah Ombak ia merasa mendapatkan suntikan semangat baru yang luar biasa untuk menggiatkan literasi di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya data dari Unesco pada 2012 sangat tidak memihak pada Indonesia, sebab dari data itu disebutkan hanya satu dari seribu anak Indonesia yang membaca.

Dengan semangat literasi yang tumbuh dari para penggiat di seluruh Indonesia ia yakin data Unesco dapat segera terbantahkan.

"Melihat apa yang dilakukan oleh kawan-kawan di Tanah Ombak serta kawan-kawan penggiat di daerah lain saya yakin bisa mematahkan data dari Unesco tersebut," katanya.

Selanjutnya ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh penggiat literasi, khususnya kepada Tanah Ombak karena telah berupaya menumbuhkan minat baca di tengah-tengah masyarakat.

"Memasyarakatkan literasi merupakan tugas semua orang dan sesulit apapun itu pasti akan berhasil jika dilakukan dengan bersunguh-sungguh," katanya.

Sementara itu pemimpin sekaligus pembina Tanah Ombak, Yusrizal KW mengatakan dengan meluncurkan Vespa Pustaka diharapkan dapat membangkitkan minat baca anak-anak di sekitarnya.

"Vespa Pustaka ini akan terus bergerak pada setiap hari Minggu untuk mencari para pembaca, dengan ini diharapkan minat baca masyarakat akan semakin berkembang," katanya. (*)