Agam Upayakan Polisi Siswa Ada Di Semua Sekolah

id siswa sekolah

Agam Upayakan Polisi Siswa Ada Di Semua Sekolah

Ilustrasi. (Antara) ( )

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Agam, Sumatera Barat, menargetkan seluruh SMA dan SMK di wilayah hukum Polres itu memiliki polisi siswa (Polsis) pada 2017 dalam membantu sekolah pengaturan lalu lintas dan penegakan disiplin.

"Kita menargetkan ke 20 SMK dan SMA memiliki Polsis pada 2017," kata Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono melalui Kaur Bin Ops Satuan Binmas Polres Agam Iptu AKhiruddi di Lubuk Basung, Sabtu.

Untuk mencapai ini, pihaknya akan menyosialisasikan fungsi dan manfaat dari Polsis ke masing-masing sekolah, sehingga mereka bisa menyiapkan siswanya untuk dibina.

Ia menerangkan, keberadaan Polsis itu untuk pengamanan lalu lintas di sekitar sekolah setiap hari.

Selain itu, penegakan disiplin di lingkungan sekolah. "Keberadaan Polsis ini juga bisa menjadi motifasi bagi siswa lain," katanya.

Saat ini, tambahnya, baru empat sekolah yang memiliki Polsis. Keempat sekolah itu yakni, SMAN 1 Lubuk Basung, SMAN 2 Lubuk Basung, SMAN 3 Lubuk Basung dan SMKN 1 Tanjung Raya.

Selain membentuk Polsis, Polres Agam juga menargetkan seluruh sekolah mengadakan ekstrakurikuler olahraga menembak.

Hal ini untuk menambah kegiatan dalam rangka membentuk sikap dan mental siswa sehingga mereka tidak melakukan tauran, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

"Ini sasaran kita dalam melakukan pembinaan itu, karena dengan banyaknya aktifitas, maka tidak ada kesempatan mereka untuk melakukan itu," katanya.

Kepala SMKN 2 Tanjung Raya, Muhammad Dinin mendukung dan merespon pembentukan Polsis ini, karena keberadaan anggota Polsis sangat membantu pihak sekolah dalam mengatur lalu lintas.

"Setiap pagi mereka mengatur lalu lintas di depan sekolah, mengingat kendaraan sangat banyak melewati jalan itu," katanya. (*)