Unand Pastikan Terima Mahasiswa Lewat Tiga Jalur

id Tafdil Husni

Unand Pastikan Terima Mahasiswa Lewat Tiga Jalur

Rektor Unand, Prof Tafdil Husni. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat memastikan gunakan sistem penerimaan lewat tiga jalur pada tahun ini yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri.

"Komposisi penerimaan SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen, dan Ujian Mandiri 30 persen dari jumlah 5.000 an mahasiswa baru," kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni, di Padang, Minggu.

Dia menerangkan SNMPTN saat ini sedang jalan, dan diperkirakan sekitar 1.616 orang mahasiswa baru. Pengumumannya akan disebutkan pada April mendatang.

Kemudian SBMPTN dengan komposisi 40 persen atau yang terbanyak dari jalur lainnya, pendaftaran akan dibuka mulai Maret 2017 dengan peraturan sama dengan tahun lalu.

Sedangkan ujian bersama mandiri akan dilaksanakan pada Mei atau Juni usai pengumuman SBMPTN.

"Khusus ujian bersama mandiri akan ada 14 universitas bergabung dengan Unand mengadakan tes tersebut," ujarnya.

Beberapa universitas yang ikuti seperti Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala dan beberapa perguruan tinggi lainnya yang tergabung dalam wilayah barat.

Terkait peraturannya, ujarnya akan menunggu sosialisasi ke depan.

Untuk mahasiswa dari jalur ini akan menerima sebanyak 1.400 an mahasiswa baru.

Sementara itu salah satu orang tua siswa kelas tiga SMA di Padang, Sepri berharap dalam seleksi penerimaan ketiga jalur tersebut terdapat transparansi dari panitia.

Hal ini, katanya bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Unand dan akan berimplikasi pada peningkatan kualitas kampus lainnya. (*)