Dua Varietas Unggulan Dukung Beras Rajo Pasisia

id Beras

Dua Varietas Unggulan Dukung Beras Rajo Pasisia

Ilustrasi - Beras. (Antara)



Painan, (Antara Sumbar) - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengatakan dua varietas padi unggulan akan mendukung beras Rajo Pasisia yang segera diluncurkan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Jumsu Trisno di Painan, Senin, mengatakan varietas padi tersebut yaitu Bawaan dan Sarai Sarumpun.

"Dari pemetaan sementara terdapat 15 ribu hektare sawah yang memiliki struktur tanah dan juga pengairan yang baik untuk pengembangan varietas tersebut," kata Trisno.

Ia melanjutkan 15 ribu hektare sawah itu mampu memproduksi 150 ribu ton beras.

Menurutnya, dipilihnya dua varietas tersebut karena nasinya cukup nikmat disantap dengan berbagai hidangan.

"Varietas lain bukan nasinya tidak nikmat namun karena berbagai pertimbangan sementara waktu dua varietas ini yang kami utamakan," kata dia.

Untuk memperkuat cita rasa varietas unggulan selain mengandalkan struktur tanah dan pengairan yang tersedia pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada petani.

"Yang pasti kami akan mencoba menghindarkan hal-hal yang berbau kimia," katanya lagi.

Petani setempat, Zulkarnaen berharap rencana peluncuran beras Rajo Pasisia sejalan dengan meningkatnya harga gabah dan beras kedua varietas tersebut.

"Dengan begitu tentu motivasi kami turun ke sawah juga akan bertambah," kata dia.(*)