Maret, Tim Saber Pungli Padang Mulai Tindaklanjuti Laporan Masyarakat

id Tim, Saber, Pungli, Padang

Maret, Tim Saber Pungli Padang Mulai Tindaklanjuti Laporan Masyarakat

Ilustrasi - pungutan liar.

Padang, (Antara Sumbar) - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Padang, Sumatera Barat segera menindaklanjuti laporan masyarakat adanya praktik merugikan dilakukan oleh aparatur sipil negara di daerah ini.

"Saat ini tengah sosialisasi, tepat 1 Maret ASN yang melakukan pungli segera ditindak," kata Wakil Ketua Satgas Saber Pungli Padang Andri Yulika, di Padang, Selasa.

Dia membenarkan, saat ini telah banyak laporan dari masyarakat yang masuk melalui SMS atau WhatsApp pada nomor hotline yang tersedia.

Menurutnya, hingga Februari ini pihaknya baru sebatas melakukan pengawasan karena tim masih gencar sosialisasi pada sebelas kecamatan yang ada.

Namun pihaknya telah mengantongi beberapa pelaku, tinggal mencari waktu untuk melakukan penangkapan.

"Kami berharap sosialisasi tepat sasaran, agar tidak ada OTT nantinya," kata dia lagi.

Dia menyebutkan, sesuai Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2016 terdapat tujuh sektor yang menjadi pengawasan rutin Tim Saber Pungli.

Tujuh area tersebut yakni perizinan, hibah dan bantuan sosial, kepegawaian, pendidikan, dana desa, pelayanan publik, dan sektor pengadaan barang dan jasa.

"Kami akan bekerja menyeluruh dan memberantas semua yang terlibat," ujar dia pula.

Ia berharap kepada masyarakat khususnya ASN untuk memperhatikan peringatan tersebut, dan menjauhi praktik yang mungkin saja telah menjadi kebiasaan.

Dia menyatakan sosialisasi akan terus berjalan berdampingan dengan pengawasan dan penangkapan agar praktik pungli di pemerintahan Padang seutuhnya diberantas.

Pengamat bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Andalas Prof Werry Darta Taifur berharap pemberantasan praktik pungli tidak hanya di lingkungan pemerintahan tapi juga di kalangan warga.

Dia menilai praktik pungli seperti telah menjadi kebiasaan untuk mendapatkan atau menyelesaikan persoalan lewat jalan pintas.

"Praktik seperti parkir liar dalam perdagangan dan sebagainya juga harus jadi bagian Tim Saber Pungli untuk memberantasnya," ujar dia pula. (*)