Sumbar Matangkan "Branding" Wisata "Serenity of Sumatera"

id branding, wisata, sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tengah mematangkan branding pariwisata daerah itu untuk menanamkan citra agar lebih mudah dikenal dan diingat oleh wisatawan.

"Branding ini meliputi merk, slogan dan logo yang memudahkan wisatawan mengetahui gambaran destinasi wisata di Sumbar," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Rabu.

Menurutnya rancangan awal branding pariwisata Sumbar yang disiapkan adalah 'Serenity Of Sumatera' atau Sumbar merupakan lokasi wisata yang nyaman dan tenang di Sumatera.

"Dengan branding ini kita tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang indah memukau, tetapi juga menawarkan kenyamanan dan suasana tenang bagi wisatawan," ujar dia.

Ia menerangkan logo sudah dirancang, tapi masih tahap awal dan masih mungkin berubah karena tim sedang mempertimbangkan keseharian masyarakat dan budaya lokal.

Branding yang dirancang diharapkan bisa efektif untuk dipromosikan, sehingga benar-benar mampu menarik kunjungan wisata ke Sumbar.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya menginstruksikan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menetapkan positioning dan branding pariwisata daerah.

Untuk positioning, Sumbar telah menyepakati mengusung konsep pariwisata halal. Hasilnya, pada World Halal Tourism Awards 2016, Sumbar mampu memenangi perlombaan yang mengunakan metode voting secara online. Sumbar ditetapkan sebagai destinasi wisata halal dunia, dan kuliner halal dunia.

Sumbar diharapkan sebagai salah satu daerah yang bisa meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonesia sesuai target 15 juta pada 2017 dan 20 juta pada 2020. (*)