Padang Panjang Produksi Susu 1.600 Liter Perhari

id sapi perah

Padang Panjang Produksi Susu 1.600 Liter Perhari

Sapi perah Padang Panjang. (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Sapi perah yang dibudidayakan oleh peternak di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), saat ini sudah bisa memproduksi susu murni sebanyak 1.600 liter perhari, kata pejabat daerah setempat.

"Dari sekitar 406 ekor sapi perah 200 ekor atau sekitar 50 persen diantaranya sudah bisa menghasilkan susu murni 1.600 liter setiap hari," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Panjang Wahid di Padang Panjang, Rabu.

Ia mengatakan tingkat produksi susu tersebut bisa meningkat apabila perawatan dan makanannya cukup setiap hari.

"Istilahnya, 'input' harus seimbang dengan 'output', demikian sebaliknya," katanya.

Selain itu, kebersihan kandang juga bisa mempengaruhi kondisi ternak, sehingga peternak diharapkan bisa lebih intensif dalam memperhatikan kebersihan kandang dan sapi.

Menurut dia, budidaya sapi perah yang merupakan produk unggulan peternakan setempat merupakan prospek yang cukup bagus untuk pertummbuhan ekonomi masyarakat.

Pemkot Padang Panjang dalam upaya peningkatan produksi susu sapi perah, selalu memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada peternak.

Sapi yang bisa memproduksi susu dengan diperah tersebut berumur dua tahun ke atas dan maksimal berumur lima sampai enam tahun.

"Sapi yang bisa menghasilkan susu tersebut adalah sapi dalam keadaan setelah melahirkan dan bisa berproduksi selama satu tahun ke depan," ujarnya.

Dari 406 ekor sapi perah tersebut dipelihara oleh sembilan kelompok peternak, tersebar di 16 kelurahan yang ada di Padang Panjang.

Peternak sapi perah di Padang Panjang Mukhlizar mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah setempat selama ini terhadap peternak sapi perah.

"Dalam pengembangan sapi perah, Pemkot Padang Panjang sudah cukup banyak memfasilitasi peternak, baik dari sarana maupun bantuan sapi itu sendiri," sebutnya. (*)