Padang Panjang Luncurkan Program Gerimis Bagus Mandiri

id Produksi, Susu, Padang Panjang

Padang Panjang Luncurkan Program Gerimis Bagus Mandiri

Sapi perah. (ANTARA SUMBAR)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, meluncurkan program Gerakan Minum Susu bagi Usia Sekolah Secara Mandiri (Gerimis Bagus Mandiri) untuk membantu pemasaran susu sapi perah di daerah itu.

"Program ini selain bertujuan untuk mencukupi nutrisi anak usia sekolah, juga untuk menyalurkan susu dari peternak," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Ade Nafrita Anas melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Wahid di Padang Panjang, Kamis.

Menurut dia, program Gerimis Bagus Mandiri tersebut cukup bagus dilaksanakan untuk membiasakan konsumsi susu pada anak.

Program itu tambahnya, juga berdampak banyak terhadap perekonomian atau peluang pasar dari susu sapi perah.

Untuk tahapnya, Dispantan melakukan sosialisasi kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagai pembina sekolah. Selanjutnya baru dilaksanakan kerjasama dengan pihak sekolah yang menjadi objek pemasaran tersebut.

"Untuk saat ini sudah ada sekitar 14 Sekolah Dasar objek untuk pemasaran susu sapi perah tersebut. Dari 14 sekolah itu ada sebanyak 2.100 murid sasaran pasar susu itu," katanya.

Tidak saja sekolah, namun Dispangtan juga akan mencari peluang pasar bagi susu sapi perah itu kepada apara Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Padang Panjang.

"Untuk selanjutnya, kami akan coba lakukan kerjasama dengan ASN Padang Panjang sebagai peluang pasar susu," ujarnya.

Peternak sapi perah di Padang Panjang Ridwan mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah setempat selama ini terhadap peternak sapi perah.

"Dalam pengembangan sapi perah, Pemkot Padang Panjang sudah cukup banyak memfasilitasi peternak, baik dari pemasaran susu maupun sarana serta bantuan sapi itu sendiri," sebutnya. (*)