Kamis, 23 Maret 2017 - 25 Jumadil Akhir 1438 H

Simulasi Ketiga UNBK Padangpariaman Diselenggarakan 20-21 Maret

Ilustrasi, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)
Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat akan menyelenggarakan simulasi ketiga Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu pada 20 sampai 21 Maret 2017.

"Simulasi hari pertama diselenggarakan untuk mata ujian Bahasa Indonesia sedangkan hari kedua untuk mata ujian Ilmu Pengetahuan Alam," kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padangpariaman, Yunendri Eka di Parit Malintang, Sabtu.

Ia mengatakan diselenggarakannya simulasi tersebut yaitu untuk melihat kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK yang akan diselenggarakan Mei nanti.

Pada simulasi pertama dan kedua yang dilakukan beberapa waktu lalu berjalan lancar karena secara teknis tidak ada kendala, katanya.

"Dan siswa pun merasa senang mengikuti simulasi itu," ujar dia.

Ia menyebutkan pelaksanaan simulasi diselenggarakan di dua Sekolah Menengah Atas (SMA) dan satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah itu.

"Ketiga sekolah itu merupakan tempat siswa SMP daerah tersebut mengikuti UNBK pada Mei nanti," ujarnya.

Adapun sekolah yang akan menjadi tempat ujian UNBK untuk SMP di daerah tersebut yaitu SMA Negeri 1 Lubuk Alung sedangkan siswa yang mengikuti ujian di sana berjumlah 278 siswa dari SMP Negeri 1 Lubuk Alung.

Lalu SMA Negeri 1 2X11 Enam Lingkung akan digunakan oleh 267 siswa dari SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung.

Selanjutnya, SMK Negeri 1 Sintuak Toboh Gadang akan digunakan oleh SMP Negeri 1 Sintuak Toboh Gadang dengan 186 siswa dan SMP Negeri 2 Sintuak Toboh Gadang dengan 112 siswa.

"Jadi peserta UNBK untuk SMP di Padangpariaman berjumlah 843 siswa," kata dia.

Sebelumnya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerapkan UNBK di tingkat sekolah SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat guna melihat capaian nilai kompetensi siswa.

Ujian tersebut tidak diselenggarakan secara serentak agar siswa yang sekolahnya tidak memiliki sarana dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat.

Diselenggarakannya UNBK tersebut bertujuan untuk mengefisiensi waktu dan memperkecil kecurangan yang terjadi pada saat ujian. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Azhari
         Hamparan hijau nan luas sejauh mata memandang ternyata bukan padang rumput, tapi kebun-kebun ...
Baca Juga