Minggu, 26 Maret 2017 - 28 Jumadil Akhir 1438 H

Kemenag Dharmasraya Tuntaskan Paspor Calon Haji

Ilustrasi - Haji. (Antara)
Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat segera menuntaskan proses pengurusan paspor calon haji daerah ini sebagai persiapan keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

"Dari jumlah sementara calon haji sebanyak 252 orang, hingga saat ini yang belum menyelesaikan pengurusan paspor hanya 15 orang," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Dharmasraya Suhardi, di Pulau Punjung, Sabtu.

Menurutnya, proses pengurusan paspor bagi calon haji yang belum rampung itu, akan diselesaikan hingga awal April 2017 dengan pengecekan persyaratan dibantu oleh petugas Kemenag Dharmasraya.

Ia mengatakan pengajuan pengurusan paspor calon haji tersebut dimulai sejak Januari 2017, dan segaja dilakukan mengingat jumlah calon haji Dharmasraya meningkat hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Jadi, disarankan kepada jemaah yang mampu untuk mengurus secara pribadi silakan langsung ke kantor Imigrasi, namun pengecekan persyaratan dibantu oleh Kemenag," ujar dia lagi.

Seluruh calon haji daerah ini telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan tahap pertama pada sejumlah pusat kesehatan masyarakat yang ditunjuk Dinas Kesehatan.

Ia memperkirakan pemeriksaan tahap kedua akan dilaksanakan dalam pada April 2017, dan pemeriksaan tahap ketiga satu bulan sebelum keberangkatan ke Mekkah.

Terkait palaksanaan manasik, kata dia lagi, kegiatan manasik mandiri sebanyak 22 kali pertemuan masih terus dilaksankan setiap minggu, dan hingga saat ini sudah memasuki minggu ke-14.

Dia berpesan agar para calon haji mulai mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin, karena ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat.

Ia juga mengingatkan agar para calon haji tidak henti-hentinya memanjatkan syukur, karena mereka mendapat kesempatan menjadi tamu Allah SWT.

Banyak masyarakat di luar mampu secara finansial, kata dia lagi, namun belum mendapatkan kesempatan dan memperoleh hidayah serta kemauan untuk menunaikan Rukun Islam ke-5 tersebut.

Suhardi menambahkan, jadwal pemberangkatan jemaah haji menunggu pengambilan nomor kloter (qur'ah) dari pusat. Direncanakan kloter pertama dari seluruh Indonesia akan berangkat pada 27 Juli 2017. (*)





Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Baca Juga