Mobil RI-1 Sudah Empat Kali Mogok

id Mobil, RI-1, Mogok

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut mobil dinas RI-1 sudah empat kali mogok selama digunakan untuk melakukan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke sejumlah daerah.

Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, mengatakan selama bertugas mendampingi Presiden Joko Widodo, ia melihat dan mengalami sendiri ketika beberapa mobil dinas Presiden mogok.

"Jadi kebetulan selama saya mendampingi Presiden itu sudah tiga kali mogok tapi total mogoknya sudah empat kali. Kemarin terakhir di Kalbar di Mempawahya. Dan itu sebelum masuk ke Kota Pontianak," kata Pramono.

Ia menambahkan, kondisi mobil dinas tersebut rata-rata sudah berumur lebih dari 10 tahun.

Namun Presiden sendiri menganggap mobil dinas yang digunakannya masih layak.

"Karena beliau yang menggunakan tentunya kita semua sudah menyarankan untuk ganti mobil tapi Presiden tetap bertahan untuk menggunakan mobil itu," katanya.

Oleh karena itu, beberapa mobil dinas tersebut akan diperbaiki untuk kemudian digunakan kembali.

"Ini menunjukkan bahwa Presiden kita itu penuh dengan kesederhanaan sehingga dengan demikian, kayak kemarin di Jawa Timur begitu mogok pindah ke mobil cadangan kebetulan mobil cadangan juga itu sebenarnya tidak layak untuk sebuah mobil Presiden," katanya.

Hal serupa terjadi ketika kunjungan kerja ke Kalimantan Barat saat mobil dinas Presiden mogok kemudian Presiden berpindah ke mobil cadangan yang sebenarnya tidak layak dan tidak sesuai dengan standar kendaraan kepala negara.

"Ya itulah Presiden kita. Beliau masih belum mau ya kita ikuti beliau," katanya.

Pramono mengaku tidak tahu pasti jumlah mobil dinas Presiden saat ini termasuk ada tidaknya mobil dinas yang masih dipinjam oleh Presiden sebelumnya.

"Saya enggak tahu kalau bilang tahu nanti sok tahu. Saya enggak tahu," katanya.

Sementara soal keamanan, Pramono memastikan mobil dinas selalu dalam pengawalan Paspampres sehingga kondisinya selalu di bawah pengawasan yang ketat. (*)