Pemkab Bantu Mesin Tempel Bagi Nelayan

id Nelayan, Mesin, Tempel

Pemkab Bantu Mesin Tempel Bagi Nelayan

(ANTARA SUMBAR/Mukhlisun)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membantu 11 unit mesin tempel dan 15 paket jaring ikan untuk nelayan di daerah itu pada 2017.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan, mesin tempel lima PK, tiga PK, dua PK dan jaring ikan ini bagi nelayan Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, karena masih menggunakan dayung untuk berlayar dalam mencari ikan.

"Ini dalam rangka motorisasi alat tangkap ikan, karena selama ini mereka mengunakan dayung atau layar untuk ke laut. Dengan cara ini, mereka dengan mudah ke tengah laut untuk menangkap ikan," katanya.

Bantuan ini akan diserahkan pada pertengahan 2017 kepada kelompok nelayan yang memiliki badan hukum.

Saat ini kelompok nelayan sudah mengajukan proposal pada awal 2017 dan pihaknya sedang melakukan verifikasi.

"Setelah verifikasi, bantuan tersebut akan diserahkan kepada nelayan," katanya.

Ia menambahkan, 11 mesin tempel dengan dana Rp200 juta dan 15 paket jaring ikan Rp180 juta. "Danavini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada 2017," katanya.

Nelayan Agam memiliki garis pantai sepanjang 43 kilometer dan memiliki 442 unit alat tangkap dengan rincian payang sebanyak 39 unit serta pukat pantai 45 unit.

Sedangkan jaring insang atau tramel net sebanyak 95 unit, bagan sebanyak 18 unit, pancing tonda sebanyak 39 unit dan pancing lainnya sebanyak 206 unit.

Sementara jumlah nelayan 2.780 orang yang terdiri atas nelayan penuh sebanyak 1.689 orang, nelayan sambilan sebanyak 561 orang dan nelayan perairan umum sebanyak 530 orang.

Anggota DPRD Agam, Muhammad Abrar mendukung pemberian bantuan mesin tempel dan alat tangkap kepada nelayan, sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan mereka.

"Kita berharap kepada nelayan yang mendapatkan bantuan ini untuk memanfaatkan dan memelihara bantuan dengan baik," katanya. (*)