Legislator: Dinkes Padang Proaktif Jaring Penderita Tuberkulosis

id Tuberkulosis

Legislator: Dinkes Padang Proaktif Jaring Penderita Tuberkulosis

Ilustrasi - Tuberkulosis. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Surya Jufri meminta Dinas Kesehatan setempat untuk lebih proaktif menjaring penderita Tuberkulosis (TB), agar dapat diberikan pengobatan secara intensif.

"Tuberkulosis termasuk penyakit menular, sehingga perlu aktif menjaring penderita agar tidak menjangkiti warga lainnya," katanya di Padang, Jumat.

Ia menyarankan dinas terkait melakukan inventarisasi penderita TB, sehingga setelah diketahui berapa jumlahnya maka dapat dilakukan pengobatan maksimal.

Selain langkah pengobatan upaya preventif juga harus lebih dimaksimalkan. Di antaranya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar paham mengenai gejala-gejala penyakit itu.

Penyakit TB disebabkan oleh Mycobacterium Tuberkulosis, adapun gejalanya antara lain jika seseorang mengalami batuk lebih dari dua minggu, berat badan turun, mengalami demam dan berkeringat ketika malam hari.

"Jika telah mengalami gejala tersebut, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Sebelumnya Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan pemerintah setempat telah menjangkau 1.000 penderita TB. Banyaknya kasus TB ini cukup mengkhawatirkan sehingga diperlukan upaya bersama untuk mengatasinya.

Untuk mencegah penularan TB ini, ia telah meminta Dinas Kesehatan bersama kader-kader TB untuk terus menggencarkan sosialisasi secara aktif kepada masyarakat.

"Sehingga dengan itu, masyarakat bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih baik dalam mencegah terjangkit TB," ujarnya. (*)