Pemkab Pasaman Barat Seleksi Dai Nagari

id Dai

Pemkab Pasaman Barat Seleksi Dai Nagari

Kegiatan pengukuhan pengurus Himpunan Dai dan Mubaligh Kota Bukittinggi, Selasa (14/3). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyeleksi da'i yang akan ditempatkan di nagari (desa) yang ada untuk memberikan pendidikan agama di masing-masing nagari.

Pada kesempatan itu sebanyak 200 da'i nagari mengikuti seleksi penerimaan penceramah agama yang berkualitas yang akan ditempatkan di 91 nagari, termasuk nagari persiapan.

"Sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Pasaman Barat untuk mewujudkan masyarakat beriman dan bertaqwa mama dibutuhkan da'i nagari yang berkualiatas," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Minggu.

Ia menambahkan da'i nagari itu akan melakukan pencerahan kepada generasi muda Pasaman Barat termasuk mengajar agama untuk murid TPA/MDA. Maka perlu dicari pihak yang memiliki pemahaman agama yang kuat dan profesional.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pasaman Barat, Hendrizal Azhar mengatakan tes da'i dilakukan untuk mencari dai yang berkualitas.

"Kategori tes ada dua kelompok, da'i yang lama dan da'i yang baru atau da'i untuk nagari persiapan," ujarnya.

Ia menyebutkan ada beberapa syarat penerimaan da'i nagari yang telah diikuti. Seperti mempunyai kemampuan baca Alquran yang baik sesuai dengan kaedah yang berlaku.

Bisa khutbah Jumat atau sebagai khatib Jumat, bisa penyelenggaraan jenazah. Tidak pengurus partai, tidak terikat kontrak baik dengan APBN maupun APBD.

Tim penguji berasal dari Kantor Kementrian Agama Pasaman Barat yang sudah berkompeten dibidangnya masing-masing.

"Dari 200 da'i yang ikut, yang akan kita ambil hanya 91 da'i dan mendapatkan gaji dari pemerintah setiap bulannya. Itu untuk nagari yang ada sekarang dan untuk nagari persiapan. Pengumuman hasil seleksi akan secepatnya kita lakukan," jelasnya. (*)