KPU Siapkan Rumah Pintar Pemilu Bagi Masyarakat

id Rumah, Pintar, Pemilu

KPU Siapkan Rumah Pintar Pemilu Bagi Masyarakat

KPU Kota Bukittinggi menyiapkan Rumah Pintar Pemilu sebagai salah satu langkah mengedukasi masyarakat terkait pemilu dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu selanjutnya. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan Rumah Pintar Pemilu sebagai upaya mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi.

Kepala Divisi Sosialisasi KPU Bukittinggi Benny Aziz di Bukittinggi, Senin, mengatakan keberadaan Rumah Pintar Pemilu diharapkan dapat mendorong terselenggaranya pendidikan bagi pemilih secara berkelanjutan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu.

"Rumah Pintar Pemilu ditargetkan akan diluncurkan pada April 2017 dengan sasaran utama para pemilih pemula, namun fasilitas ini pada intinya diperuntukkan bagi masyarakat luas," katanya.

Ia menerangkan Rumah Pintar Pemilu akan menyajikan informasi seperti sejarah pemilu di Indonesia dan sistem pemilu serta menyediakan sarana diskusi bagi masyarakat yang berkunjung dan simulasi pemilu.

"Bagi warga yang ingin memanfaatkan fasilitas ini dapat datang secara individu atau berkelompok," ujarnya.

Kasubag Teknis dan Humas KPU Bukittinggi Beni Mustika mengatakan Rumah Pintar Pemilu memiliki empat ruang terdiri dari ruang penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi.

"Idealnya ada empat ruangan tersebut, karena saat ini kondisi sarana masih terbatas sehingga hanya digunakan satu ruang yaitu aula KPU Bukittinggi," ujarnya.

KPU saat ini masih menyiapkan kebutuhan sarana pendukung Rumah Pintar Pemilu seperti televisi berlayar lebar, alat peraga, maket tempat pemungutan suara (TPS), "sound system", meja diskusi, mading dan lainnya.

"Kebutuhan memang cukup banyak sehingga saat ini kami mengupayakan kerja sama melalui bantuan dari program CSR perusahaan di daerah di samping dukungan dari pemerintah daerah setempat," katanya.

KPU menargetkan melalui Rumah Pintar Pemilu dapat memberikan pendidikan politik dan pengetahuan pemilu bagi masyarakat.

"Ikut serta menyalurkan suara dalam pemilu adalah hak masyarakat dan harus dimanfaatkan. Target kami program ini dapat meningkatkan kepesertaan masyarakat di pemilu selanjutnya," ujarnya. (*)