Gubernur Minta RSP-Unand Tingkatkan Mutu Dokter Sumbar

id RSP, Unand, Irwan Prayitno

Gubernur Minta RSP-Unand Tingkatkan Mutu Dokter Sumbar

Rumah Sakit Pendidikan Unand. (ANTARA SUMBAR)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meminta Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas (Unand) yang baru diluncurkan Rabu, dapat meningkatkan mutu dokter di provinsi tersebut.

"Dengan bertambahnya pelayanan sekaligus fasilitas pendidikan kesehatan yang baru diharapkan dapat menghasilkan lulusan berkualitas mumpuni," kata Gubernur Sumbar saat ikut meresmikan peluncuran awal RSP Unand di Padang.

Dia menyebutkan bagi Kedokteran Unand sekaligus pengelola utama diharapkan dapat menciptakan lulusan berkualitas mulai dari tingkat sarjana hingga profesor.

Bukan hanya dokter yang mumpuni dalam pelayanan namun juga ahli dalam penelitian khususnya menciptakan berbagai solusi permasalahan kesehatan masyarakat di Sumbar.

Terlebih kata dia, dalam rumah sakit tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih dan laboratorium representatif.

"Selama ini Kedokteran Unand harus belajar di RSUP Jamil, saat ini menjadi mandiri," ujar dia.

Meski masih terintegrasi dengan sejumlah rumah sakit khususnya RSUP M Jamil Padang, RSP Unand diharapkan memiliki keunggulan khususnya dalam inovasi kesehatan.

Dengan begitu dokter yang diciptakan dari rumah sakit ini bisa bermanfaat di rumah sakit lainnya sehingga pelayanan berkualitas kesehatan di seluruh daerah lebih merata.

Sementara itu Rektor Universitas Andalas Prof Tafdil Husni mengatakan salah satu tujuan dibangunnya rumah sakit tersebut untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan mahasiswa bidang kesehatan dalam menuntut ilmu.

Rumah sakit ini katanya, bukan hanya untuk kedokteran saja namun juga bidang kesehatan lainnya seperti kebidanan, keperawatan, farmasi bahkan psikologi.

Dia menyebutkan untuk pembangunan RSP ini membutuhkan dana sebesar Rp500 miliar dan dibangun lebih dari 10 tahun sejak perencanaan 2006 lalu. (*)