Kopertis-X Upayakan Peningkatan Kesejahteraan Pegawai Melalui Koperasi

id Kopertis-X, Koperasi, Kesejahteraan, Pegawai

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau mengupayakan peningkatan kesejahteraan pegawai negeri yang ada di lingkungannya melalui penguatan koperasi.

"Koperasi menjadi salah satu fokus pembangunan kami selain tugas dalam pengawasan, pengendalian dan pembinaan," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri saat membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai Kopertis X 2016 di Padang, Kamis.

Dia menyebutkan salah satu upaya yang dilakukan yakni mendorong anggota untuk lebih kreatif dalam merancang suatu usaha dan juga mendorong untuk penambahan simpanan.

Bila perlu, ujarnya bila ada bantuan dan hibah akan diprioritaskan dalam pembangunan koperasi.

Dia mengatakan saat ini terdapat 600 anggota koperasi pegawai negeri di Kopertis X yang terdiri atas pegawai dan dosen di berbagai kampus di empat wilayah tersebut.

"Untuk mendukung ini ke depan memungkinkan peningkatan simpanan pokok dari Rp100.000 menjadi Rp200.000 bergantung pada kesepakatan," ujarnya.

Bila perlu untuk memberikan toleransi karena adanya hierarki golongan dan eselon memungkinkan strata dalam setoran simpanannya.

Peningkatan kesejahteraan pegawai melalui koperasi ini juga bergantung pada kemauan, keikhlasan dan kebersamaan anggota tersebut.

"Kami sebagai pembina tentu akan memfasilitasi untuk kemajuan koperasi tersebut," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Padang, Yunisman yang juga hadir dalam RAT tersebut menyarankan Kopertis mencontoh beberapa koperasi sekolah di Padang yang telah maju.

Dia mengemukakan koperasi di SMA kota Padang sudah bisa membuat bermacam tabungan seperti tabungan pendidikan.

Atau koperasi di provinsi yang sudah bisa membentuk tabungan haji, tabungan kurban dan sebagainya.

"Kebersamaan dan kesepakatan bersama menjadi kunci ke arah itu," ujar dia. (*)