Siswa SD di Pasaman Barat Diajarkan Cara Gosok Gigi yang Benar

id Gosok, Gigi, Massal

Siswa SD di Pasaman Barat Diajarkan Cara Gosok Gigi yang Benar

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Puskesmas Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan sosialisasi gosok gigi massal kepada murid sekolah dasar di daerah itu.

"Sosialisasi gosok gigi sejak dini sangat penting dam menjaga kebersihan gigi dan mulut," kata drg. Erameily di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan membiasakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut memang tidak mudah, tetapi juga tidak sulit.

Hanya saja, imbuhnya perlu dorongan dari semua pihak, mulai dari orang tua yang banyak menghabiskan waktu bersama anak, guru yang melakukan pengawasan di sekolah serta tim medis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

"Ini merupakan program dari Puskesmas untuk memberikan pelayanan serta sosialisasi kepada masyarakat, termasuk cara menggosok gigi dengan benar," katanya.

Ia menyebutkan dalam menggosok gigi semua murid SD sudah mengetahuinya. Tetapi, tidak semua murid melakukannya dengan benar.

Menurutnya menyikat gigi dengan benar tidak semua murid mengetahui. Dalam menggosok gigi dengan benar dimulai juga dengan cara yang tepat.

Pertama gosok gigi bagian luar sampai ke dalam, dilanjutkan dengan menggosok geraham atau sampai ke dalam. Tidak hanya itu saja, lidah juga ikut digosok serta langit-langit.

Gosok gigi massal tersebut dimulai dari SD 22 Pasaman Batang Lingkin, SD 27 Pasaman di Tongar, SD 26 Pasaman di Tongar.

Saat gosok gigi massal itu, ratusan murid antusias mengikuti program tersebut. Karena sosialisasi gosok gigi masal jarang dilakukan atau terjun langsung ke lapangan.

"Para pelajar tersebut cukup antusias ketika kami tim medis mempraktekkan cara menggosok gigi dengan benar. Dengan membawa sikat gigi, odol dan air untuk berkumur-kumur mereka sangat bersemangat menggosok gigi," ujarnya.

Ia berharap kesehatan siswa di bawah naungan Puskesmas Aia Gadang bisa mempraktekkan cara menggosok gigi dengan benar.

Tidak hanya itu saja, pola makanan atau mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk menjaga gigi.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Syahiran terus mendorong perbaikan kesehatan masyarakat Pasaman Barat.

Sebab, Pasaman Barat merupakan salah satu kabupaten yang masih tertinggal di bidang kesehatan.

"Dengan berbagai program kesehatan masyarakat kita berharap Pasaman Barat bisa lebih baik dalam bidang kesehatan. Karena tidak bisa kita pungkiri, masalah kesehatan merupakan masalah kita bersama yang ditangani dengan serius," katanya. (*)