Kapolres: Penempatan Bhabinkamtibmas Per Nagari Terkendala Personel

id Polisi

Kapolres: Penempatan Bhabinkamtibmas Per Nagari Terkendala Personel

Ilustrasi - Polisi. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kepala Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat, AKBP Ahmad Basahil mengatakan pihaknya belum bisa menempatkan satu personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) per nagari (desa adat) karena kekurangan personel.

"Seharusnya satu orang Bhabinkamtibmas membawahi satu nagari, tetapi sekarang yang terjadi seorang personel membawahi tiga sampai empat nagari karena keterbatasan personel," kata dia di Padang Aro, Jumat.

Dia mengatakan untuk Polda Sumbar saja masih kekurangan sebanyak 8.000 personel kepolisian sehingga belum bisa menempatkan satu petugas per nagari.

"Namun ke depan akan diupayakan satu petugas Bhabinkamtibmas bisa membawahi satu nagari sehingga program ini berjalan optimal," kata dia.

Dia menjelaskan Bhabinkamtibmas yang ditempatkan di nagari akan melakukan pembinaan langsung, menampung aspirasi masyarakat, memberikan saran, menghidupkan lagi sistem keamanan warga.

Bhabinkamtibmas yang ditempatkan di nagari kata dia, bisa diajak musyawarah oleh masyarakat termasuk patroli bila dibutuhkan.

"Bhabinkamtibmas yang ditempatkan di nagari bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga bisa memberikan rasa aman serta mengantisipasi tindakan kriminal," kata dia. (*)