PSSI Selektif Rekrut Pemain Luar Negeri

id Ketua Umum, PSSI, Edy Rahmaya, Pemain, Luar Negeri

PSSI Selektif Rekrut Pemain Luar Negeri

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Makassar, (Antara Sumbar) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menegaskan akan selektif dalam memutuskan nasib para pemain yang berlaga di luar negeri untuk bisa memperkuat timnas Indonesia di ajang internasional.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi di Makassar, Rabu, juga mengatakan pemain yang bermain di luar negeri bukan jaminan memiliki kualitas yang memang dibutuhkan untuk mengangkat prestasi timnas kedepan di kejuaraan internasional.

"Kalau memang kualitasnya seperti itu (pemain keturunan yang bermain di luar negeri), maka kita tidak ingin memaksakan. Kita itu cari pemain kualitas bukan kuantitas," katanya.

Ia menjelaskan, jika hanya mencari pemain yang kuantitas, maka di Makassar sendiri begitu banyak stok pemain seperti itu. Tinggal yang perlu dicari sekarang ini tentu pemain yang punya kualitas demi mengangkat prestasi tim kedepan.

Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan mengikuti Piala AFF U-18 di Myanmar, 4-17 September 2017, sebelumnya telah melakukan seleksi pemain termasuk mereka yang bermain di luar negeri diantaranya Jack Brown (Inggris), George Brown (Hutton).

Selanjutnya Nickolas Yohanes P (Marcet Foundation), Exel Favour (ISM Academy Perugia), Fidelis Kelby Timothy (ISM Academy Perugia), M R Habibie (ISM Academy Perugia), Charalambos Elias David dari tim Aghia Paraskevi.

Termasuk juga Pancar Nur Widiastoro (Valladolid), Adam Putra Firdaus (Valladolid), Khairul Imam Zakiri (Valladolid), Aditya Affasha Riawan (Valladolid), Nikola Filipovich (Valladolid), Nathan Muskitta (D1 Sport Management) hingga Rafif Putra dari tim Valencia.

"Kita itu bukan cari pemain kuantitas namun yang punya kualitas. Jika pemain kuantitas, di sini juga banyak tapi bukan itu yang dibutuhkan," katanya.

Sementara terkait target di SEA Games 2017, dirinya dengan tegas mematok juara di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Khusus untuk timnas U-22 yang dipersiapkan ke ajang SEA Games, tentu kita ingin juara dan itu sudah harga mati. Doakan agar target juara ini bisa terealisasi," ujarnya saat hadir menyaksikan laga PSM lawan Celebest FC dalam laga uji coba di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulsel, hari ini. (*)