Kamis, 19 Oktober 2017 - 29 Muharram 1439 H

Mempromosikan Wisata Pesisir Selatan Melalui Festival Langkisau

Seorang peserta paralayang terbang di atas laut setelah lepas landas dari puncak Langkisau pada Festifal Langkisau ke-10 di Painan, Kab.Pesisir Selatan, Sumbar. (Antara)
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bersama pihak-pihak terkait kembali menggelar "Festival Langkisau" sebagai salah satu langkah untuk mempromosikan dunia pariwisata daerah berjuluk "Negeri Sejuta Pesona" itu.

Selain itu, festival ini juga untuk menyemarakkan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan yang ke-69, kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Zefnihan.

Festival Langkisau dimulai Minggu, 16 April 2017 dan dijadwalkan berlangsung hingga Sabtu, 22 April 2017, dipusatkan di Pantai Wisata Carocok, Pesisir Selatan.

Pantai Carocok selama ini telah dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata andalan di daerah dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan arah selatan dari Padang, ibu kota Sumatera Barat.

Langkisau adalah nama bukit di pinggir laut di Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan. Dari atas bukit ini, pengunjung bisa melihat kota Painan dan sekitarnya ditambah panorama pinggir pantai nan indah memesona.

Adapun kegiatan dalam Festival Langkisau ini antara lain bazar wisata, pameran, lomba burung berkicau, permainan tradisional, pemilihan uda-uni dan lainnya.

"Dengan berbagai perlombaan tersebut kami tidak hanya menargetkan wisatawan lokal namun mancanegara, tapi mereka juga ikut menikmati festival ini," tambahnya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh salah seorang pejabat pada Kementerian Pariwisata RI, sedangkan khusus bagi masyarakat Pesisir Selatan undangan acara dibagikan secara menyeluruh yang langsung disampaikan oleh wali nagari atau kepala desa adat sebagai perpanjangan tangan pemerintah kabupaten.

Pelaksanaan festival selain dipusatkan pada lokasi yang luas, juga terdapat sebuah pentas dan lokasi parkir besar yang bisa menampung kendaraan dalam jumlah banyak.

Selain itu yang tidak kalah menarik lagi adalah para pengunjung disuguhi pemandangan alam dan pantai yang luar biasa, khusus dari atas Bukit Langkisau yang memesona.

Bagi pihak Dinas Pariwisata Seni Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, Festival Langkisau telah merupakan kegiatan rutin setiap tahun, terutama dalam rangka mempromosikan pariwisata di daerah itu.

Potensi pariwisata yang dimiliki Pesisir Selatan ini cukup banyak, bagus dan menarik, akan tetapi masih membutuhkan promosi sampai bisa lebih dikenal lebih banyak orang, baik dalam maupun luar daerah, bahkan mancanegara.

Pada kesempatan ini digelar berbagai kegiatan level nasional di bidang pariwisata, olahraga, seni dan budaya.

Berbagai kegiatan itu dipadukan menjadi satu festival sehingga menjadi pagelaran level nasional. Diantara kegiatan bidang olah raga yakni digelar lomba renang di laut lepas (Pantai Painan), selaju sampan (lomba perahu dayung), voli pantai dan sebagainya.

Sedangkan dalam pagelaran seni budaya digelar lomba randai, debus dan kesenian rabab pasisie. Untuk meramaikan festival, panitia pelaksana juga menyediakan tenda-tenda bagi para pedagang yang menjual aneka makanan atau kuliner dan produk unggulan lainnya.

Selain itu, di sekitar lokasi juga disediakan tenda-tenda untuk pameran para pengusaha industri rumah tangga guna mempromosikan produk-produk hasil usahanya.

Bagi pihak Dinas Pariwisata Seni Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, promosi sangatlah penting guna mengenalkan daerah tersebut serta potensi dan berbagai produksi yang dimiliki ke banyak orang.

Tanpa upaya tersebut, potensi wisata yang dimiliki tidak akan dikenal oleh banyak orang, begitu juga dengan potensi yang ada.

Melalui pegelaran dalam kegiatan tahunan Festival Langkisau akan jadi wadah untuk memperkenalkan produk andalan kabupaten Pesisir Selatan kepada konsumen di luar daerah.

Festival Langkisau juga diharapkan dapat mendongkrak popularitas objek-objek wisata di Pesisir Selatan.

Pada tahun ini, Festival Langkisau diselenggarakan ke-14 kalinya, dan terus diharapkan dapat memicu arus kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara serta meningkatnya popularitas objek wisata di Pesisir Selatan.

Wakil Rakyat setempat, Dalisman terus mendorong Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berinovasi dalam kegiatan ini agar tidak terkesan monoton.

Ia juga mengajak masyarakat setempat untuk ikut berpartisipasi agar tujuan meningkatkan arus wisatawan terus meningkat dan para pelancong merasa nyaman selama berada di daerah ini.

Ribuan wisatawan
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sendiri menargetkan ribuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke daerah itu selama penyelenggaraan Festival Langkisau.

"Target kami 30 ribu wisatawan berkunjung selama festival ini," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan.

Ia menambahkan target tersebut tidaklah muluk-muluk namun diperkirakan berdasarkan jumlah kegiatan yang dilaksanakan selama festival dan ia yakin akan tercapai.

Sebelum festival dilaksanakan lebih dari seratus unit mobil offroad menjajal Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh hingga ke Pantai Carocok, setelah itu perlombaan voli pantai yang diikuti sepuluh provinsi, ujarnya.

Ia mengemukakan dengan kegiatan pawai budaya, pemilihan uda-uni, bazar, pameran, komunitas trabas dan lainnya, jumlah kunjungan itu akan tercapai.

Zefnihan berharap dengan kunjungan ribuan wisatawan beberapa destinasi wisata unggulan semakin dikenal sehingga berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan pada kemudian hari.

"Meningkatnya kunjungan wisatawan tentu sejalan dengan laju perekonomian masyarakat yang terjun langsung pada dunia kepariwisataan," katanya.

Festival Langkisau, menurutnya merupakan kegiatan yang terintegrasi tidak hanya di kabupaten namun juga provinsi hingga Kementerian Pariwisata.

Zefnihan menambahkan selain ajang mempromosikan objek wisata Festival Langkisau juga sebagai ajang menyemarakkan hari jadi kabupaten itu yang ke-69. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga