Dharmasraya Gelar Lomba Bercerita Tingkat Baca

id baca buku

Dharmasraya Gelar Lomba Bercerita Tingkat  Baca

Ilustrasi - Membaca buku. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menggelar lomba bercerita rakyat tingkat Sekolah Dasar/sederajat sebagai upaya meningkatkan minat baca anak di daerah itu.

"Lomba ini akan diikuti oleh 22 peserta yang merupakan utusan UPTD di 11 kecamatan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dharmasraya, Nasution di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan peserta yang diutus pada lomba bercerita tingkat kabupaten ini merupakan pelajar yang sebelumnya lolos seleksi di tingkat Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) masing-masing kecamatan.

Acara lomba yang akan dilaksanakan pada 27 April 2017 tersebut rencananya akan dihadiri Bupati Dharmasraya, Sutan Riska dan.

"Selain menumbuhkembangkan minat dan budaya baca anak sejak dini juga bertujuan untuk tahapan seleksi menuju lomba bercinta tingkat provinsi," ujarnya.

Ia mengatakan materi yang akan dilombakan merupakan cerita rakyat Kabupaten Dharmasraya, yaitu tentang Penunggu Tikungan Padang Bintungan dan Si Bunian Gunung Lalok.

Ia menjelaskan ada empat komponen yang akan dinilai pada lomba tersebut. Pertama penampilan apakah peserta tampil dengan santai, dan percaya diri.

Kedua cara bercerita, ini berkaitan dengan volume suara, artikulasi, diksi, tempo, kecepatan serta proyeksi, dan penguasaan panggung.

Ketiga penguasaan materi, apakah peserta mampu menguasai dan menghayati isi cerita yang dibawakan.

Dan skil apakah peserta mampu mengeluarkan seluruh kemampuan dengan memadukan ketiga unsur penilaian di atas secara kreatif, efektif dan inovatif.

Dalam lomba, tambahnya ini akan diambil enam kategori pemenang, yaitu juara I, II dan III, serta harapan I, II dan III.

Setiap pemenang akan diberikan piagam dan uang pembinaan," ujarnya. (*)