Rombongan Seni Koto Gaek Ke TMII Promosikan Daerah

id Rombongan Seni Koto Gaek

Rombongan Seni Koto Gaek Ke TMII Promosikan Daerah

Bupati Solok bersalaman dengan para peserta seni budaya Nagari Koto gaek Guguak Kec.Gunung Talang yang akan dilepas ke TMII. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Rombongan seni budaya Nagari Koto Gaek Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan mempertunjukkan kesenian anak nagari di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta untuk mempromosikan daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra di Arosuka, Senin mengatakan rombongan seni budaya Nagari Koto Gaek Guguak akan menghadiri undangan dari dinas pariwisata Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Anjungan Sumatera Barat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

"Undangan tersebut dalam rangka memperingati hari ulang tahun TMII ke 42 yang akan berlangsung dari tanggal 16 s/d 23 april 2017," ujarnya.

Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka mempromosikan Kabupaten Solok ke tingkat nasional dan internasional khususnya seni budaya tradisional anak nagari.

Ia menyebutkan rombongan berjumlah 130 orang yang berangkat tersebut akan mengisi kegiatan pada tanggal 20 april 2017.

Peserta akan menampilkan budaya berjudul "baralek gadang mambantai kabau mambangkik batang tarandam, manaruko masonan katibo" dengan arak-arakan lengkap jamba dan akan menampilkan kesenian anak nagari lainnya.

Sementara itu Bupati Solok Gusmal mengatakan keberangkatan rombongan seni budaya Nagari Koto Gaek adalah upaya untuk mempromosikan kesenian Kabupaten Solok lebih luas lagi.

"Alhamdulillah, Kabupaten Solok sudah beberapa kali mendapat undangan dari Jakarta untuk acara seni dan budaya," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat memperkenalkan dan mempromosikan kabupaten solok ke tingkat Nasional dan Internasional melalui kegiatan kesenian dan budaya kepada wisatawan yang datang.

Ia berharap dengan rombongan dapat menampilkan kesenian khas Solok dengan baik sehingga dengan sendirinya Kabupaten akan bisa lebih dikenal oleh nasional maupun internasional. (*)