YHLI Lakukan Penghijauan di Danau Maninjau Sampai 2021

id #penghijauan #danau maninjau

YHLI Lakukan Penghijauan di Danau Maninjau Sampai 2021

Bupati Agam (c)



Lubuk Basung, (Antara) - Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI), melakukan program penghijauan di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dari 2016 sampai 2017.

"Kita melakukan program penghijauan di Danau Maninjau selama lima tahun," kata Ketua YHLI, Ardedi Tanjung di Lubuk Basung.

Saat ini, pihaknya telah membagikan sekitar 30 bibit tanaman produktif seperti, jengkol, alpokat, durian, mangis dan lainnya.

Bibit ini berasal dari Pemkab Agam, Pemprov Sumbar, PLN dan lainnya.



"Dalam penanaman pohon ini kita melibatkan kelompok tani, masyarakat dan lainnya. Bibit tanaman itu ditanam sekitar hutan rakyat, perbukitan dan lainnya," katanya.

Pada 2017, katanya, pihaknya membagikan 5.000 bibit alpokat kepada Kelompok Tani Hutan Lestari Indonesia Nagari koto Kaciak, Keltan Harapan Bersama Nagari Tanjuang Sani, Keltan Tuah Saiyo Nagari Tanjuang Sani, Keltan Maju Bersama Leter W Nagari Tanjuang Sani, dan Keltan Banda Bacang. Bibit ini berasal dari PT PLN Persero Sektor Pembangit Bukittinggi.

Bantuan bibit tersebut merupakan tahap ke dua, dimana kegiatan ini sejalan dengan program Pemkab Agam, untuk menjaga kelestarian hutan, dan lingkungan hidup yang dilakukan secara berkesinambungan, ujarnya. (*)