Agam Targetkan Bagikan Satu Juta Tanaman Produktif

id #pengjiauan danau maninjau

Agam Targetkan Bagikan Satu Juta Tanaman Produktif

Wakil Bupati Agam Trianda Farhan Satria foto bersama dengan anggota kelompok tani di kawasan Danau Maninjau. (c)

Lubuk Basung, (Antarasumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan untuk membagikan satu juta bibit tanaman yang memiliki nilai ekonomis kepada warga daerah pada 2017.

Bantuan ini untuk melestarikan hutan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Yulnasri mengatakan, satu juta bibit tanaman itu terdiri dari yakni, mangis, jengkol, petai, kemiri, pinang, pala, lengkeng, rambutan, mangga dan nangka. Masing-masing tanaman ini sebanyak 100 ribu batang.

"Satu juta bibit tanaman ini baru dari Pemda Agam dan belum termasuk bantuan dari pemerintah pusat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan lainnya," katanya.

Saat ini, bibit tanaman ini sedang dalam proses pembibitan di Kebun Bibit Permanen (KBP) di Sungai Jariang, Kecamatan Lubuk Basung.

Setelah besar, bibit tanaman itu diserahkan kepada warga yang tersebar di 16 kecamatan.

"Bibit tanaman ini ditanam di lahan pertanian warga, hutan rakyat dan di daerah perbukitan," katanya.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menambahkan, satu juta tanaman ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, karena buahnya dijual di pasar tradisional dan pedagang pengumpul.

Selain itu, untuk menjaga kelestarian hutan yang ada di Agam, sehingga daerah tersebut terhindar dari bencana alam.

"Ini target kita dalam membagikan bibit tanaman produktif, karena buah bisa dijual dan mereka tidak akan menebang pohon itu," katanya. (*)