Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Kemenag: UAMBN Sumbar Diikuti 27.000 Pelajar

Seorang siswi teliti membulati lembar jawaban saat Ujian Nasional (UN) di Madrasah Terpadu MAN 2 Padang. (ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra)
Pariaman, (Antara Sumbar) - Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) di Sumatera Barat diikuti oleh 27.000 pelajar, kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) provinsi itu, Salman.

"Total kurang lebih terdapat 27 ribu pelajar di Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti UAMBN secara serentak yang digelar se-Indonesia dimulai sejak 17 hingga 21 April 2017," katanya di saat meninjau pelaksanaan UAMBN di Pariaman, Kamis (21/4).

Ia menambahkan para pelajar dari Madrasah Tsanawiyah, baik negeri maupun swasta tersebut sekaligus juga mengikuti pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN).

Khusus untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat MTsN/S dilaksanakan secara serentak pada 2 Mei 2017.

"Untuk provinsi Sumbar memang belum semua daerah atau sekolah yang bisa melaksanakan UNBK karena keterbatasan perangkat komputer," ujarnya.

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK MTs pada 2017 baru hanya bisa diikuti oleh 12 sekolah yang berasal dari Kota Bukittinggi, Padang dan Kabupaten Tanah Datar.

"Kita berharap pada 2018 semua sekolah secara serentak sudah dapat merealisasikan UNBK sehingga penghematan biaya ujian pun lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Sebelumnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman, menyatakan peserta Ujian Nasional (UN) 2017 untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sederajat di kota itu mencapai 2.062 dari 17 sekolah penyelenggara.

"Dari 17 sekolah penyelenggaran itu belum semua sekolah bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), terutama MTs," kata Kepala Disdikpora setempat, Kanderi.

Ia merinci sebanyak 1.457 pelajar SLTP akan mengikuti UNBK, sedangkan 605 pelajar MTsN/S lainnya akan menerapkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Hingga saat ini, sebut dia sebanyak 600 unit komputer dari berbagai sekolah siap untuk dioperasikan pada UNBK 2017, jumlah tersebut masih perlu penambahan agar ujian dapat berjalan efektif. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga