Rabu, 28 Juni 2017 - 4 Syawwal 1438 H

Polisi: Lemahnya Kontrol Sosial Picu Tindak Kriminal

Ilustrasi - (ANTARA FOTO)
Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyebutkan kurangnya kontrol sosial dari masyarakat dapat menjadi penyebab terjadinya tindakan kriminal.

Pejabat Sementara Kepala Bagian Humas Polres Bukittinggi, AKP Rita Suryanti di Bukittinggi, Jumat, mengatakan lemahnya kontrol sosial ditunjukkan dari sikap renggangnya hubungan antarwarga atau kurang peduli terhadap keadaan di sekitar.

"Misalnya bila melihat ada orang asing yang memasuki suatu lingkungan, sangat perlu bertegur sapa. Karena bila ternyata warga pendatang itu bermaksud tidak baik, tegur sapa yang dilakukan akan membantu membuatnya mengurungkan niat tidak baik," katanya.

Ia menilai, kontrol sosial dalam masyarakat mulai berkurang seperti bila seorang warga menerima tamu yang tidak biasanya berada di dalam lingkungan setempat.

"Tahu-tahu sudah ada saja laporan pencurian atau tindakan kriminal lainnya. Jadi kepedulian dan teliti terhadap lingkungan ini yang mulai kurang. Padahal catatan Polres Bukittinggi, selama 2016 kasus kriminal paling banyak terjadi di lingkungan permukiman penduduk," katanya.

Di samping itu, ia mengimbau masyarakat menggiatkan kegiatan keamanan keliling (kamling) di tingkat kelurahan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Ia mengatakan karena keterbatasan petugas kepolisian, maka partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan melalui ronda akan sangat membantu tugas pihak keamanan.

"Sepanjang 2017 ini, kasus kriminal paling mencolok yaitu pencurian sepeda motor yang dapat dikatakan setiap hari terjadi di wilayah hukum Polres Bukittinggi, lalu satu kasus perampokan dengan kekerasan yang menyebabkan satu korban tewas yang baru-baru ini terjadi," kata dia.

Ia mengharapkan masyarakat turut menjadi polisi bagi diri sendiri melalui sikap peduli dan waspada serta aktif menjaga kamtibmas melaporkan kejanggalan yang terjadi dengan segera pada Babinkamtibmas di lingkungan setempat. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
          Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy baru saja menetapkan sistem pendidikan baru ...
Baca Juga