Dharmasraya Selesaikan 23 Lelang Paket Pembangunan

id Pembangunan infrastruktur

Dharmasraya Selesaikan 23 Lelang Paket Pembangunan

Ilustrasi Pembangunan (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyelesaikan 23 lelang paket proyek pembangunan dari total 145 paket yang akan dilelang pada 2107.

"Sebanyak 23 paket ini sudah ditandatangani kontrak dengan pihak rekanan, kalau kegiatan fisik pengerjaannya pasti sudah dimulai," kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya Roni Pusaka di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan upaya dalam mempercepat proses lelang, di antaranya menyurati seluruh SOPD serta memperingati secara lisan pejabat instansi terkait agar menyelesaikan berkas lelang. Hal ini sesuai dengan instruksi Bupati Sutan Riska agar seluruh proses lelang dapat diselesaikan paling lambat Juli 2017.

"Kami yakin dengan upaya percepatan yang dilakukan, meskipun sudah memasuki pertengahan April proses lelang belum mencapai 50 persen," ujarnya.

Ia meyakini proses 145 lelang proyek dapat dituntaskan Juli mendatang, sehingga Agustus seluruh proyek pembangunan sudah ditandatangani kontrak.

"Kalau Agustus sudah tandatangan kontrak maka kegiatan yang berkaitan dengan fisik dapat dilakukan evaluasi paling lambat November," ujarnya.

Ia menilai lambatnya Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dalam menyelesaikan berkas lelang karena perencanaan pembangunan berada di tahun yang sama dengan pengesahan APPB 2017.

"APBD ketuk palu Januari lalu, sehingga menurut saya sebagian besar SOPD saat ini masih menyusun rencana pembangunan sehingga berkas lelang belum diserahkan," ujar dia.

Ia berharap seluruh SOPD dapat menyikapi batas waktu lelang yang telah diinstruksikan bupati dengan segera menyelesaikan dokumen lelang dan menyerahkan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. "Karena ini berkaitan dengan waktu pembangunan agar tidak berkejaran dengan tutup buku akhir tahun," tambahnya. (*)