PLN Lubuk Basung Ajukan Perbaikan Jaringan Atasi Gangguan

id PLN

PLN Lubuk Basung Ajukan Perbaikan Jaringan Atasi Gangguan

Ilustrasi perbaikan jaringan listrik. (antarasumbar.com/Joko Nugroho) ()

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengajukan perbaikan jaringan listrik sepanjang 58 kilometer ke PT PLN Wilayah Bukittinggi dalam mengatasi gangguan di daerah itu.

"Kita telah mengusulkan perbaikan jaringan listrik terbuka menjadi tertutup pada awal 2017. Mudah-mudahan usulan ini direlokasi PT PLN Wilayah Bukittinggi," kata Manajer PT PLN Rayon Lubuk Basung, Monli Arsyi di Lubuk Basung, Minggu.

Ia mengatakan, perbaikan jaringan ini diprioritaskan di Kecamatan Palembayan menuju Kecamatan Matur dengan panjang 58 kilometer.

Daerah itu, tambahnya, sering terjadi gangguan akibat ranting pohon mengenai jaringan saat curah hujan tinggi dan angin kencang.

Sementara PT PLN sering membersihkan ranting pohon yang mengenai jaringan di seluruh PT PLN ayon Lubuk Basung.

Namun pohon yang ada di sekitar jaringan itu cepat besar, sehingga beberapa minggu kedepan, ranting pohon itu kembali mengganggu jaringan tersebut.

"Ini kendala yang kita hadapi. Sementara kita rutin melakukan pemangkasan ranting itu," katanya.

Salah seorang warga Palembayan, Nofriyol berharap PLN segera mengganti jaringan agar tidak terjadi gangguan di daerah itu.

"Kami mendukung untuk perbaikan jaringan dan apabila ada pohon yang mengganggu maka kami izinkan untuk memangkas atau menebang," katanya.

Selama ini, tambahnya, gangguan hampir terjadi setiap hari mengakibatkan listrik padam sekitar tiga sampai lima kali perhari.

Dengan kondisi ini, pelanggan di Palembayan menjadi rugi karena ada sebagian elektronik mereka yang rusak. (*)