Pemkot Padang Komitmen Perkuat Sarana Olahraga

id Mahyeldi Ansharullah

Pemkot Padang Komitmen Perkuat Sarana Olahraga

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat menyatakan komitmennya memperkuat dan meningkatkan sarana prasarana olahraga guna meningkatkan partisipasi masyarakat.

"Baik itu sarana untuk olahraga santai atau prestasi, keduanya secara bertahap akan dibenahi," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan sebagai langkah awal untuk meningkatkan keinginan dan partisipasi masyarakat pihaknya menyediakan sarana penunjang untuk jalan santai, marathon, bersepeda hingga bermain sepatu roda.

Sarana penunjang tersebut seperti jalan yang telah dibetonisasi, pedestrian atau trotoar yang diperbaiki dan kegiatan jalan bebas kendaraan.

Khusus hari bebas kendaraan ini baru saja diresmikan di Pantai Cimpago Pantai Padang setiap hari Minggu pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

"Dengan begitu selama tiga jam warga memiliki arena untuk olahraga seperti senam atau sepatu roda sambil berwisata di pantai," kata dia.

Disamping penyediaan sarana untuk masyarakat umum pihaknya juga tengah membenahi sarana untuk atlet berprestasi.

Dia mengatakan saat ini Gelanggang Olahraga (GOR) Agus Salim Padang rutin dibenahi mulai dari tempat parkir hingga lapangan.

Kemudian beberapa lapangan sepak bola di kecamatan juga bertahap dibenahi sambil menggelar kejuaraan tingkat dini dan sebagainya.

Ke depan pihaknya akan menormalisasi sungai untuk keperluan olahraga air seperti dayung atau perahu naga.

"Kami berharap semua pihak mendukung, agar Padang bisa menggelar ajang besar semisal Pekan Olahraga Nasional," ujarnya.

Senada itu Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syaiful mengatakan maju dan berkembangnya olahraga dan raihan prestasi amat bergantunga pada penyediaan sarana.

Dia berharap pemerintah daerah yang ada bisa berlomba menyediakan sarana pendukung olahraga.

Meskipun demikian, ujarnya sarana tersebut harus berkualitas dan berstandar nasional hingga internasional. (*)