Mobil Damkar Terjun ke Jurang Satu Tewas

id Damkar

Mobil Damkar Terjun ke Jurang Satu Tewas

PADANG, 14/7 - Pameran peralatan Dinas Pemadam Kebakaran yang dapat dijumpai dalam Padang Exspo 2012, di GOR H Agus Salim Padang. Selain Padang Exspo, masyarakat setempat juga bisa menikmati event perahu naga internasional. Foto ANTARA SUMBAR/Eko Fajri/12. ()

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tanah Datar terjatuh ke jurang sedalam 25 meter di tepi jalan umum Jorong Sikaladi, Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Selasa sekira pukul 20.30 WIB.

"Mobil Damkar yang dikemudikan Ilyas Fernando (35) membawa empat penumpang regu pemadam kebakaran hilang kendali saat berpapasan dengan truk dan terperosok ke dalam jurang," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Tanah Datar, AKP Yulandi Rusadi di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan lima petugas Damkar tersebut sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Ali Hanafiah Batusangkar, dan satu orang meninggal dunia atas nama Muhamad Fiki (23) karena mengalami benturan keras di kepala.

Sementara empat korban lainnya yakni Ilyas Fernando mengalami luka robek di kepala bagian belakang, Febriyanto (23) mengalami luka lecet di lutut, Sakiren (27) mengalami luka robek di bibir, tangan, dan kepala, serta lecet di kaki, dan Ilham Agung Satria (22) mengalami memar di dada kanan, luka tangan kanan.

Ia menyebutkan mobil Damkar dengan nomor polisi BA 9601 E itu datang dari arah Kota Batusangkar menuju Posko Damkar di Kubu Karambia, Kecamatan Batipuah, mengalami kecelakaan saat berpapasan dengan sebuah truk yang belum diketahui identitasnya yang datang dari arah berlawanan.

"Kita masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kecelakaan tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala Polisi Pamong Praja dan Damkar Tanah Datar, Nuryeddisman mengatakan mobil Damkar baru selesai melaksanakan tugas memadamkan api dari Malalo Kecamatan Batipuah Selatan dan mengisi bahan bakar minyak di SPBU Parak Juar, Batusangkar.

"Hendak menuju Posko Damkar di Kubu Karambia, mobil berselisih jalan dengan truk hingga terjatuh masuk jurang," katanya.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan duka yang mendalam atas musibah tersebut.

"Pejuang pemadam kebakaran Vicki telah mendahului kita, setelah berjihad memadamkan api, semoga arwahnya dimasukkan ke dalam kelompok orang-orang yangg syahid," katanya.

Ia mengharapkan petugas pemadam kebakaran yang masih dirawat di RSUD Batusangkar dapat segera sembuh dan dapat beraktivitas kembali.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra semoga korban yang meninggal diterima dengan baik di sisi Allah SWT.