Dinkes Pasaman Gelar Tes IVA Gratis

id IVA, kanker Serviks

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) secara gratis bagi Ibu Rumah Tangga di daerah itu untuk mendeteksi kanker leher rahim (serviks) sejak dini.

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Amdarisman di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan ada sebanyak 3.000 IRT yang akan mengikuti tes IVA tersebut.

"Tes IVA ini bertujuan untuk mengetahui kelainan yang ada di leher rahim yang menyebabkan kanker serviks. Tes IVA ini tidak dipungut biaya atau gratis," ujarnya.

Ia mengatakan ini merupakan salah satu upaya untuk mendeteksi terjadinya kanker serviks dengan melakukan pemeriksaan tes IVA.

"Keuntungan dari menggunakan metode tes IVA ini yakni lebih mudah dan praktis," katanya.

Menurutnya, kanker serviks ini menjadi kelompok penyakit terbanyak penyebab kematian pada kaum ibu disamping kanker payudara.

"Jadi kita berupaya menjaring sebanyak 3.000 orang perempuan hingga Mei ini untuk mengikuti tes IVA. Kegiatan ini dilaksanakan di 16 puskesmas dari target 6.900 jiwa," ujarnya.

Kanker serviks tersebut, katanya, sebenarnya dapat disembuhkan jika terdeteksi sedini mungkin.

"Jika ditemukan hasil pemeriksaan yang menunjukkan warna putih kemerah-merahan maka akan diberikan saran tindaklanjut kepada yang bersangkutan. Untuk itu, para perempuan disarankan untuk rutin melakukan skrinning kanker serviks secara rutin," ujarnya.

Ia mengatakan tes IVA ini dilakukan oleh tenaga bidan dan tenaga dokter ahli.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman Gustinar Yusuf Lubis mengatakan kegiatan tes IVA ini juga bekerja sama dengan TP-PKK setempat dalam rangka melaksanakan 10 program pokok TP-PKK Pasaman dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

"Kami meminta kepada perempuan di daerah ini untuk dapat mengikuti tes IVA sehingga dapat mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks. Dengan begitu maka dapat dilakukan penanganan lebih lanjut untuk mengobatinya," katanya. (*)