Tim Akreditasi Kemenkes Nilai Dua Puskesmas Padangpariaman

id Akreditasi, Puskesmas

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Tim akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menilai dua Puskesmas di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita melihat apa-apa saja yang telah dilakukan Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata anggota Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI, Gayu Merciur Gultom saat menyurvei Puskesmas Sungai Geringging, Padangpariaman, Kamis.

Ia mengatakan pelayanan yang diberikan tersebut ialah pelayanan yang bermutu sehingga masyarakat merasakan kehadiran Puskesmas di lingkungannya.

"Untuk melihat mutu pelayanan tersebut tentu dilakukan penilaian," katanya.

Pelayanan yang dinilai oleh tim akreditasi mulai dari program kerja, peralatan medis, fasilitas, sumber daya manusia serta bagaimana sistem menerima dan menjawab keluhan dari masyarakat.

"Tentunya penilaian tersebut disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan," ujarnya.

Dengan meningkatnya pelayanan maka masyarakat lebih tertarik memeriksa kesehatannya ke Puskesmas.

"Diharapkan dengan adanya penilaian akreditasi ini ada perubahan yang lebih baik," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Padangpariaman, Firdaus mengatakan dua Puskesmas yang dinilai mulai 27 sampai 30 April tersebut yaitu Puskesmas Sungai Limau dan Puskesmas Sungai Geringging dari 25 Puskesmas yang ada di daerah itu.

"Direncanakan Juli atau Oktober nanti juga dilakukan penilaian terhadap dua Puskesmas lagi," ujarnya.

Ia menargetkan pada 2018 semua Puskesmas yang ada di daerah itu telah dilakukan penilaian akreditasi dan diharapkan akreditasi Puskesmas di daerah itu meningkat dari sebelumnya. (*)