Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Gelar Lomba Bercerita Siswa SD

id Lomba, Bercerita, Agam

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menggelar lomba bercerita rakyat tingkat siswa Sekolah Dasar (SD) untuk meningkatkan minat baca bagi generasi muda.

Ketua Pelaksana Lomba Bercerita Nursiah di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan, lomba ini diikuti 32 peserta utusan dari 16 kecamatan.

"Masing-masing kecamatan mengutus dua peserta dan kegiatan itu berlangsung di halaman kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam, Kamis (27/4)," katanya.

Ia mengatakan masing-masing siswa membawakan cerita rakyat dari Minangkabau dengan judul Asal Mula Minangkabau, Simarasok, Ikan Sakti Sungai Janiah, Ratap Si Upik dan Batu Batikam.

Mereka yang akan meraih juara pertama, tambahnya akan mewakili Agam pada lomba bercerita tingkat Sumbar pada 2017.

Sementara dewan juri berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Arsip dan Perpustakaan Agam dan lainnya.

"Lomba ini rutin kita gelar setiap tahunya dalam meningkatkan minat baca dan melestarikan cerita rakyat kepada generasi penerus," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemkab Agam, Mulyadi menambahkan, kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan menumbuh kembangkan minat membaca bagi siswa SD.

Ini sesuai dengan salah satu agenda prioritas Pemkab Agam dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) pada 2016-2021 dalam rangka mewujudkan visi Agam yakni, Berkadilan, Inovatif, Sejahtera, Agamais dan Beradat Menuju Agam Mandiri Berprestasi Yang Madani.

"Kita telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut mulai dari peningkatan mutu pendidikan, pemenuhan sarana prasarana, pemberian beasiswa, lomba bercerita dan lainnya," katanya. (*)