Kodim Pariaman Perkuat Kemitraan dengan Insan Pers

id Hermawansyah

Kodim Pariaman Perkuat Kemitraan dengan Insan Pers

Komandan Kodim 0308 Pariaman, Sumatera Barat, Letkol (Arhanud) Hermawansyah melakukan diskusi kemitraan dengan Ketua PWI Pariaman, Ikhlas Bakri. (Muhammad Zulfikar/Antara Sumbar)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Komandan Distrik Militer 0308 Pariaman, Letkol (Arhanud) Hermawansyah, melakukan kunjungan silaturahim dengan insan pers yang bertugas di kota itu untuk memperkuat kemitraan kedua belah pihak.

"Pers merupakan salah satu komponen penting dalam membangun bangsa dan negara, sehingga sangat dibutuhkan hubungan kemitraan yang baik dengan seluruh pihak, termasuk dengan unsur TNI," kata dia.

Ia mengatakan sumber informasi dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Wartawan atau insan pers memiliki jaringan dan informasi yang kuat dalam mengetahui dan menggali informasi, oleh karena itu TNI siap bekerja sama dengan awak media," kata dia.

Sebagai contoh ujar dia, peristiwa bencana alam seperti kebakaran pada saat malam hari tidak semua pihak yang dapat menjamin mengetahui informasi tersebut.

Namun kata dia, insan pers dengan tugas yang disandangnya tidak jarang lebih dulu mengetahui sumber informasi tersebut dibandingkan unsur lain.

"TNI pada prinsipnya wajib menjaga NKRI, termasuk perlindungan saat bencana alam datang oleh karena itu kita perlu melakukan koordinasi informasi dengan semua pihak termasuk para wartawan," ujarnya.

Sementara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat, Ikhlas Bakri, menyambut baik kemitraan yang dijalin oleh pihak TNI dengan insan pers yang bertugas di daerah itu.

"TNI memiliki tugas utama menjaga kedaulatan negara, sedangkan wartawan memiliki kewajiban menyampaikan informasi dan berita kepada masyarakat untuk mencerdaskan bangsa sehingga kemitraan itu harus saling bersinergi," kata dia.

Ia menyebutkan selama ini hubungan kemitraan antara awak media dan unsur TNI telah terbangun dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa kerja sama kedua belah pihak diantaranya, pembangunan rumah warga miskin di Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padangpariaman. (*)