Perantau Berpotensi Bantu Promosikan Daerah

id Irwan Prayitno

Perantau Berpotensi Bantu Promosikan Daerah

Irwan Prayitno (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Perantau Minang memiliki potensi besar untuk membantu promosi wisata Sumatera Barat dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pendukung didaerahnya berdomisili, seperti festival kuliner.

"Kuliner merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Sumbar untuk bisa menarik wisatawan. Festival kuliner yang dilaksanakan diluar Sumbar, akan sangat membantu promosi daerah," kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno dihubungi dari Padang, Jumat.

Ia juga menerangkan hal yang sama saat membuka Festival Kampoeng Minang di Jakarta, yang diinisiasi oleh generasi muda Minang tanpa adanya bantuan dari APBD.

"Inilah yang kita harapkan, peran generasi muda membantu promosi daerah tanpa merengek meminta bantuan dana pada pemerintah," tambahnya.

Menurutnya itu adalah bentuk kebanggaan generasi muda Sumbar akan identitasnya sebagai masyarakat adat Minangkabau yang lebih dikenal dengan nama gerakan "Minang Pride".

Ia mengimbau perantau Minang di daerah lain untuk ikut membuat kegiatan yang bisa mempromosikan daerah terutama pariwisata.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan daerah itu saat ini memang fokus untuk mengembangkan pariwisata daerah sebagai salah satu penunjang perekonomian masyarakat.

"Sudah terbukti, daerah yang pariwisatanya maju, masyarakatnya juga lebih sejahtera," ujar dia.

Pemprov Sumbar, menurutnya juga telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk membantu pengembangan destinasi wisata yang berada di kabupaten dan kota.

Salah satu destinasi wisata andalan yang sedang dikembangkan adalah Kawasan Wisata Terpadu Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kawasan seluas 18 ribu hektare itu sering disebut sebagai Raja Ampat Sumatera, karena keindahannya. (*)